Daftar Rekomendasi Lagu Misa Natal Terbaru

Teks lagu-lagu misa natal terbaru dengan teks partitur SATB untuk misa malam natal, natal fajar dan natal siang
Daftar rekomendari teks lagu Misa Natal terbaru

Ketika menjelang perayaan Natal, salah satu kesibukan kita adalah mempersiapkan liturgi perayaan Natal. Salah satu persiapan liturginya adalah mencari, memilih dan menentukan Lagu Misa Natal untuk dilatih dan dinyanyikan atau dipersembahkan pada Misa Natal sesuai yang ditanggungkan kepada kelompok atau lingkungan atau wilayah pastoral kita masing-masing. Artikel ini menyajikan teks-teks partitur lagu-lagu Misa Natal yang dapat sobat pilih dan gunakan. Teks-teksnya tersedia dalam bentuk file pdf yang tinggal diunduh dan dicetak untuk digunakan.

Namun sebelum melihat teks-teks lagu Misa Natalnya, ada baiknya kita ulas dulu secara singkat hal-hal seputar perayaan Natal Katolik. Hal yang pertama adalah seputar masa Natal, yang kedua tentang bagaimana Gereja Katolik merayakan Natal, barulah kita melihat teks-teks lagunya.

Masa Natal

Apa itu masa Natal? Masa Natal merupakan salah satu masa liturgis dalam penanggalan liturgi atau kalender liturgi Gereja Katolik Roma atau Gereja Katolik Ritus Latin. Masa Natal ini menjadi masa dalam satu tahun kalender liturgi untuk merenungkan dan merayakan kelahiran Tuhan Yesus. Masa Natal dimulai dari Perayaan Natal Misa Malam (24 Desember malam) sampai menjelang Pesta Pembaptisan Tuhan. Lamanya masa Natal tidak tentu, tergantung kapan Pesta Pembaptisan Tuhan dilaksanakan. Pelaksanaan Pesta Pembaptisan Tuhan sendiri tergantung pada kapan Hari Raya Penampakan Tuhan atau Epifani dilaksanakan. Lalu kapan Epifani dirayakan? Hari Raya Penampakan Tuhan ini diadakan pada hari Minggu kedua setelah Hari Raya Natal. Sedangkan Hari Minggu pertama setelah Hari Raya Natal adalah hari Pesta Keluarga Kudus.

Nah lalu kapan persisnya pelaksanaan Pesta Pembaptisan Tuhan dalam kalender liturgi Gereja Katolik? Ketentuan dalam kalender liturgi mengatur bahwa apabila Hari Raya Penampakan Tuhan jatuh setelah tanggal 6 Januari maka Pesta Pembaptisan Tuhan dilaksanakan pada hari Minggu berikutnya tetapi apabila Hari Raya Penampakan Tuhan jatuh pada tanggal tujuh atau delapan Januari maka Pesta Pembaptisan Tuhan dilasanakan pada Hari Senin setelah hari Minggu Penampakan Tuhan. Untuk Masa Natal kali ini Pesta Pembaptisan Tuhan jatuh pada hari Senin, 8 Januari 2024 karena Hari Raya Epifani jatuh pada hari Minggu, 7 Januari 2024. Jadi masa Natal kali ini berakhir pada tanggal 6 Januari atau selama 13 hari. Sementara untuk masa Natal berikut akan berlangsung selama 18 hari, di mana perayaan Epifani jatuh pada tanggal 5 Januari 2025 dan Pesta Pembaptisan Tuhan jatung pada tanggal 12 Januari 2025.

Tapi, Ko’ ada yang disebut pesta dan ada yang disebut hari raya ya? Ulasan singkat mengenai perbedaan dari keduanya dapat sobat lihat dalam link di bawah:

Pedoman mempersiapkan liturgi perayaan Natal Katolik

Kita tinggalkan dulu pembahasan tentang masa Natal dan beralih ke ulasan singkat tentang bagaimana Gereja Katolik merayakan Natal. Oh iya, sebelum lanjut, perlu diketahui juga bahwa Masa Natal ini merupakan bagian dari lingkaran Natal yang terdiri dari Masa Adven dan Masa Natal. Selain lingkaran Natal, ada juga lingkaran Paskah yang terdiri dari Masa Prapaskah dan Masa Paskah. Di luar dari kedua lingkaran ini disebut Masa Biasa.

Macam Perayaan Natal Gereja Katolik

Pada tanggal 24 Desember malam biasanya diadakan perayaan Misa. Misa ini di banyak tempat disebut Misa Malam Natal. Secara resmi dalam Misale Romawi, Misa ini diberi nama Hari Raya Natal Misa Malam, atau disingkat Misa Natal Malam. Kebalik ya? Tentang hal itu sudah dibahas DI SINI.

Misa Natal yang dilaksanakan pada tanggal 24 Desember malam ini merupakan rangkaian pertama dari tiga perayaan Natal dalam Gereja Katolik Roma. Dari sejak malam itu sampai keesokan harinya diadakan lagi dua perayaan Misa yang disebut Hari Raya Natal Misa Fajar atau Misa Natal Fajar dan Hari Raya Natal Misa Siang atau Misa Natal Siang. Misa Natal Malam diadakan untuk merayakan peristiwa kelahiran Yesus, Misa Natal Fajar untuk merayakan pesan kabar kelahiran Yesus yang disampaikan malaikat kepada para gembala dan Misa Natal Siang untuk merayakan kelahiran baru Tuhan Yesus di dala hati kaum beriman.

Jadi ini berarti ketiga Misa tersebut dibuat masing-masing dengan pemaknaan tersendiri bukan satu Misa yang dibuat sebanyak tiga kali. Jadi berarti juga bahwa Misa Natal Malam yang kita hadiri memiliki makna permenungan yang berbeda dengan Misa Natal Fajar dan Misa Natal Siang. By the way, siapa sobat pembaca yang pernah menghadiri ketiga Misa tersebut secara lengkap atau hanya duanya saja. Kalau hanya duanya saja Misa mana saja yang sobat hadiri?

Lagu Misa Katolik Hari Raya Natal

Okey! Setelah mengetahui sekilas tentang apa itu Masa Natal dan bagaimana Gereja Katolik merayakan Natal, berikut ini adalah daftar lagu-lagu Misa Natal Katolik. Silakan lihat dan unduh saja semuanya. Kalau Natal tahun ini ada lagu yang belum sempat dinyayikan, bisa dinyanyikan pada perayaan Natal tahun depan. Jangan lupa mampir kembali ke sini untuk melihat up date terbaru lagu-lagu Natal dari KENNYAPRILIO.COM.

Susunan lagu-lagu ini dibuat berdasarkan panduan Misa Natal dari Paroki Santu Yakobus Rasul Bukapiting-Alor yang dapat dilihat pada link di bawah:

Untuk lagu-lagu ordinarium tidak disertakan di sini. Silakan sobat memilih sendiri dari berbagai teks lagu-lagu ordinarium Misa yang sobat punya atau dapat dipilih dari yang kami tawarkan ini:

Lagu untuk Ritus Tambahan Natal Malam

Lagu Pembukaan Misa Natal

Mazmur Tanggapan Natal

Lagu Aku Percaya/Credo Natal

Lagu Persiapan Persembahan Natal

Lagu Bapa Kami

Lagu Komunio Natal

Sobat dapat memilih lagu-lagu lain yang bertema komuni sesuai ketentuan Pedoman Umum Misale Romawi (PUMR) Nomor 86, Lihat DI SINI

Lagu-lagu berikut hanya alternatif saja.

Lagu Post Komunio Natal

Lagu Penutup Natal

Lagu Misa Katolik lainnya dalam Masa Natal

Oh Yesus Tuhanku (Lagu Misa Pesta Keluarga Kudus)
Syukur Bagi-Mu Oh Tuhan (Lagu Misa Tutup Tahun)
Hidup Ini (Lagu Misa Tutup Tahun)
Persembahan hidup kami
Yesus Tuhan Engkaulah Mesias (Lagu Misa Pesta Pembaptisan Tuhan)

Lagu Natal Lainnya; Lagu Natal Anak-anak

Selamat Natal Yesusku 
Selamat Natal

Demikian sajian tentang daftar lagu Misa Natal Katolik, semoga bermanfaat. Terima kasih atas kunjungannya, Tuhan memberkati.


Kategori:
Kalender Liturgi
Lagu Misa
Adven
Natal
Keluarga Kudus
Pembaptisan Tuhan
Rabu Abu
Prapaskah
Minggu Palma
Kamis Putih
Jumat Agung
Paskah
Kenaikan Tuhan
Pentakosta
Tritunggal Mahakudus
Kristus Raja
Krisma
Pernikahan 
Kematian
Teks Misa
Ibadat Sabda Lingkungan
Ibadat Syukur Katolik
Doa Umat
Doa Katolik
Doa Rosario
Doa Kerahiman
Renungan
 




Artikel Terbaru

Jangan lewatkan

Kriteria, Tata Tertib dan Aspek Penilaian Lomba Baca Kitab Suci Katolik BKSN

Contoh Doa Umat Katolik Untuk Lingkungan

Ibadat Lingkungan Katolik Terbaru 2022

Teks Panduan Ibadat Syukur Wisuda Katolik

Teks Panduan Ibadat Katolik untuk Peringatan 40 Hari Kematian

Ibadat Sabda untuk Keluarga dan Lingkungan Umat Basis

Tata Cara Ibadat Sabda Lingkungan Dilengkapi Dengan Contoh Ibadat

Lirik dan Teks Lagu Misa Persembahan Hidup Kami

Lagu Misa Katolik; Referensi Terbaik Lagu-Lagu Misa

Ibadat Sabda Lingkungan Terbaru 2024