Teks Misa Natal Siang 2023 Lengkap

Teks Misa Hari Raya Natal Misa Siang 25 Desember 2023 lengkap dengan pengantar dan rekomendasi lagu-lagu Misa Natal terbaru
Pada tanggal 25 Desember, umat Katolik mengadakan Misa Hari Raya Natal namun Misa yang tersebut bukanlah puncak dari perayaan Natal Katolik melainkan merupakan salah satu dari tiga rangkaian Misa Hari Raya Natal, yaitu yang disebut Hari Raya Natal Misa Siang. Yah, memang Gereja Katolik Roma merayakan Natal dengan tiga perayaan Misa yang masing-masingnya memiliki makna penekanan tersendiri akan kelahiran Yesus. Untuk merayakan peristiwa kelahiran Yesus, diadakan perayaan Misa Natal Malam. Untuk merayakan tersiarnya kabar kelahiran itu sehingga para gembala datang menjenguk Sang Bayi Natal, diadakan perayaan Misa Natal Fajar. Untuk merayakan kelahiran baru Yesus Kristus di dalam hati kita saat ini, diadakan perayaan Misa Natal Siang. Untuk Lebih jelasnya tentang hal ini bisa dilihat di link berikut:

Pedoman mempersiapkan Liturgi perayaan Natal Katolik

Yesus lahir di Betlehem pada masa pemerintahan Kaisar Agustus adalah fakta sejarah, sesuatu yang sudah lampau. Namun keyakinan iman kita mengatakan bahwa Yesus juga lahir secara baru di dalam hati kita pada masa kini, terutama ketika kita merayakan peristiwa kelahirannya pada hari Natal. Bagi Gereja Katolik, perayaan Natal yang diadakan setiap tahun bukan hanya untuk merayakan peristiwa kelahiran Yesus di waktu lampau tetapi juga merayakan kelahiran baru Kristus secara rohani di dalam kehidupan orang beriman. Perayaan kelahiran baru Kristus tersebut dilaksanakan secara khusus di dalam Hari Raya Natal Misa Siang pada setiap tanggal 25 Desember setelah fajar menyingsing.

Bacaan Injil dalam Hari Raya Natal Misa Siang diambil dari Injil Yohanes 1:1-18, yang menegaskan bahwa sang Sabda ini sudah ada sejak semula. Dalam hal ini perayaan Natal mau mengantar kita pada permenungan bahwa inkarnasi Allah menjadi manusia itu bukan hanya sekedar fakta sejarah yang sudah terjadi 2000 tahun lalu di Betlehem. Dengan merayakan Natal, kita diingatkan akan karya Keselamatan Allah bagi kita dan sekaligus sebagai dasar iman kita yang tidak tergoyahkan.
Jadi dalam Misa ini tidak ada lagi adegan di Kandang Betlehem yang dirituskan. Tidak ada juga narasi tentang kelahiran Yesus dibacakan di dalam pembacaan Kitab Suci.

Dengan menghadiri Misa Natal Siang, kita mau menerima Kristus yang lahir baru di dalam hati kita dan di dalam kehidupan kita. Doa-doa dan bacaan suci dalam Misa Natal siang mengungkapkan kebenaran iman tersebut. Teks Misa Hari Raya Natal Misa Siang yang disajikan dalam artikel ini diambil dari Panduan Misa Perayaan Natal tahun 2023 Paroki Santu Yakobus Rasul Bukapiting, Alor, Sidongkomang yang disiapkan oleh Seksi Liturgi Paroki.

RITUS PEMBUKA MISA NATAL SIANG

Komentar:
”Sabda Telah Menjadi Manusia dan Tinggal Di antara Kita”
Bapak-Ibu, saudara-saudari, umat beriman yang terkasih dalam Kristus Yang Lahir.
Kelahiran Yesus di Betlehem 2000 tahun lalu  menjadi bukti pemenuhan janji Allah untuk menyelamatkan manusia dari dosa. Peristiwa kelahiran Kristus Sang Mesias tersebut bukan semata fakta sejarah yang kita kenangkan dan rayakan hari ini tetapi hal itu terjadi dalam kerangka rencana keselamatan Allah dan sekaligus dasar iman kita yang tak tergoyahkan.
Kristus itu, yang kita rayakan hari kelahiran-Nya terus lahir secara rohani dalam kehidupan kita orang beriman. Dialah Sabda Bapa yang kekal, cahaya ilahi yang telah menjadi manusia membawa terang untuk menerangi kegelapan dunia, terang yang tak dapat dikalahkan oleh kekuatan gelap apa pun. 
Lihatlah terang keselamatan kita telah bersinar menerangi kita. Bukalah hati kita dan terimalah Dia agar kita dianugerahinya kuasa sebagai anak-anak Allah karena dengan itulah perayaan Natal ini membawa makna bagi kehidupan kita.
Marilah kita di awal perayaan suci ini bersama-sama bersukacita memuji kebesaran cinta Allah dengan bangkit berdiri dan mengumandangkan lagu pembuka.

Lagu Pembuka

Lihat juga:

Tanda Salib Dan Salam Pembuka

Imam : Marilah berdoa,
Umat : Amin
Imam : Rahmat dan damai sejahtra dari Tuhan kita Yesus Kristus bersamamu,
Umat : Dan bersama rohmu.

Kata Pembuka

Imam menyampaikan kata pembuka, misalnya:
Umat beriman yang terkasih dalam Kristus, setelah semalam, dengan penuh sukacita kita berkumpul untuk mengenang dan merayakan peristiwa kelahiran Tuhan kita Yesus Kristus, pada kesempatan ini kita kembali berkumpul di tempat ini, di dalam rumah Tuhan ini, di sekeliling kandang Natal ini untuk merayakan kelahiran baru Tuhan Yesus di dalam hati kita sekarang ini. Yesus itu, yang 2000 tahun lalu lahir di Betlehem, Dia adalah sang Sabda ini sudah ada sejak semula, sejak sebelum dunia dijadikan dan akan selamanya ada sepanjang segala masa. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada satu pun yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Melalui perayaan ini kita sekalian hendak menyadari bahwa Inkarnasi Allah menjadi manusia itu akhirnya bukan hanya fakta sejarah 2000 tahun lalu di Betlehem, tetapi menjadi rencana Keselamatan Allah dan sekaligus sebagai dasar iman kita yang tidak tergoyahkan. Ia lahir kembali secara baru hari ini, saat ini di hati kita untuk meneguhkan iman kita kepada kasih Allah yang sejati, sebab kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus.
Marilah di awal perayaan ini kita menyadari diri sebagai orang berdosa dan memohon pengampunan dari Tuhan supaya kita layak di dalam misteri peyelamatan ini.

Peryataan Tobat

Imam : Saya mengaku ...
Umat : kepada Allah yang mahakuasa dan kepada saudara sekalian bahwa saya telah berdosa dengan pikiran dan perkataan, dengan perbuatan dan kelalaian
Saya berdosa, saya berdosa (sambil menebah dana dua kali) saya sungguh berdosa.
Oleh sebab itu saya mohon kepada Santa Perawan Maria, kepada para malaikat dan orang kudus dan kepada saudara sekalian supaya mendoakan saya pada Allah Tuhan kita.
Iman : Semoga Allah yang mahakuasa mengasihani kita, mengampuni segala dosa kita dan mengantar kita kepada kehidupan kekal.
Umat : Amin.

Lagu Tuhan Kasihanilah Kami

Tuhan kasihanilah kami
Tuhan kasihanilah kami
Kristus kasihanilah kami
Kristus kasihanilah kami
Tuhan kasihanilah kami
Tuhan kasihanilah kami

Madah Kemuliaan 

Kemuliaan kepada Allah di surga.
Dan damai di bumi kepada orang yang berkenan pada-Nya.
Kami memuji Dikau, Kami meluhurkan Dikau.
Kami menyembah Dikau, Kami memuliakan Dikau.
Kami bersyukur kepada-Mu, karena kemuliaan-Mu yang besar.
Ya Tuhan Allah, Raja surgawi, Allah Bapa yang Mahakuasa.
Ya Tuhan Yesus Kristus, Putra yang tunggal.
Ya Tuhan Allah, Anak domba, Allah Putra Bapa.
Engkau yang menghapus dosa dunia, kasihanilah kami.
Engkau yang menghapus dosa dunia, kabulkanlah doa kami.
Engkau yang duduk di sisi Bapa, kasihanilah kami.
Kar'na hanya Engkaulah Kudus. Hanya Engkaulah Tuhan.
Hanya Engkaulah mahatinggi, ya Yesus Kristus,
bersama dengan Roh Kudus dalam kemuliaan Allah Bapa. Amin.

Doa Pembuka

Imam : Marilah berdoa,
Allah Bapa maha pengasih, Engkau telah menciptakan manusia secara mengagumkan, namun secara lebih mengagumkan lagi Kau baharui Dia. Kami mohon, Kau perkenankan ikut ambil bagian dalam ke-Allahan Dia, yang telah berkenan mengenakan kemanusiaan kami. Dialah Tuhan dan pengantara kami yang hidup dan berkuasa,....
Umat : Amin

LITURGI SABDA MISA NATAL SIANG

Bacaan Pertama Misa Natal Siang (Yesaya  52:7-10)

“Segala ujung bumi melihat keselamatan yang datang dari Allah kita.”
O betapa indahnya kelihatan dari puncak bukit-bukit kedatangan bentara yang mengabarkan berita damai dan memberitakan kabar baik; yang mengabarkan berita selamat dan berkata kepada Sion, “Allahmu meraja!”
Dengarlah suara orang-orang yang mengawal Engkau: Mereka bersorak-sorai serempak. Sebab dari mata kepala sendiri mereka melihat bagaimana Tuhan kembali ke Sion,
Bergembiralah, bersorak-sorailah bersama-sama, hai reruntuhan Yerusalem! Sebab Tuhan telah menghibur umat-Nya. Ia telah menebus Yerusalem. Tuhan telah menunjukkan tangan-Nya yang kudus di depan mata semua bangsa; maka segala ujung bumi melihat keselamatan yang datang dari Allah kita.

Mazmur Tanggapan 

Lihat teks Mazmur Tanggapan Hari Raya Natal; Misa Siang

Bacaan Kedua Misa Natal Siang (Ibrani 1:1-6)

“Allah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya.”
Saudara-saudara, pada zaman dahulu Allah berulang kali dan dalam berbagai cara berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan para nabi. Tetapi pada zaman akhir ini Allah telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya. Anak-Nya itulah yang ditetapkan-Nya sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dialah Allah menjadikan alam semesta, Dialah cahaya kemuliaan Allah dan gambar wujud Allah. Dialah yang menopang segala yang ada dengan Sabda-Nya yang penuh kekuasaan. Dan setelah berhasil mengadakan penyucian dosa, Ia duduk di sebelah kanan yang Mahabesar di tempat yang tinggi. Ia jauh lebih tinggi dari pada malaikat-malaikat sebagaimana nama yang dikaruniakan kepada-Nya jauh lebih indah daripada nama mereka. Karena kepada siapakah di anatara malaikat-malaikat itu Allah pernah berkata, “Anak-Kulah Engkau! Pada hari ini Engkau telah Kuperanakkan” ataupun: “Aku akan menjadi Bapa-Nya dan Ia menjadi Anak-Ku”. Lagipula, ketika mengantar anak-Nya yang sulung ke dunia, Allah berkata, “Semua malaikat Allah harus menyembah Dia.”

Bait Pengantar Injil

Alleluya
Alleluya
Fajar suci menyinari kita, marilag menyembah Tuhan hai semua bangsa, sebab cahaya gemilang telah turun ke dunia.
Alleluya

Bacaan Injil Misa Natal Siang (Yohanes 1:1-18)

“Firman telah menjadi manusia”
Pada mulanya adalah Firman. Firman itu bersama-sama dengan Allah, dan Firman itu adalah Allah. Firman itu pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah cahaya manusia. Cahaya itu bersinar di dalam kegelapan, tetapi kegelapan itu tidak menguasainya. 
Datanglah seorang yang diutus Allah, namanya Yohanes. Ia datang sebagai saksi untuk bersaksi tentang cahaya itu supaya melalui dia semua orang menjadi percaya. Ia bukan cahaya itu tetapi ia harus bersaksi tentang cahaya itu. Cahaya yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia. 
Cahaya itu telah ada di dalam dunia dan dunia dijadikan melalui Dia tetapi dunia tidak mengenal Dia. Ia datang kepada milik-Nya tetapi orang-orang milik-Nya itu tidak menerima Dia. Namun semua orang yang menerima Dia diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya; orang-orang yang dihirkan bukan dari darah atau dari keinginan jasmani, bukan pula oleh keinginan seorang laki-laki, melainkan dari Allah. Firman itu telah menjadi Manusia dan tinggal di antara kita dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Putra tunggal Bapa, penuh anugerah dan kebenaran.
Yohanes bersaksi tentang Dia dan berseru, “Inilah Dia yang aku maksudkan ketika aku berkata: Sesudah aku akan datang Dia yang telah mendahului aku, sebab Dia telah ada sebelum aku.” Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima anugerah demi anugerah; sebab hokum Taurat diberikan melalui Musa, tetapi anugerah dan kebenaran datang melalui Yesus Kristus. Tidak seorang pun pernah melihat Allah; tetapi Putra  tunggal Allah yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya.

Homili

Imam menyampaikan homili

Aku Percaya

Imam mengajak umat untuk bersama-sama mendaraskan doa Aku Percaya

Doa Umat Misa Natal Siang

Imam : Tuhan hendak tinggal di antara kita, dan kita adalah putra-putri-Nya. Dengan kepercayaan ini marilah kita berdoa kepada Bapa kita :

Bagi Gereja kita :
Ya Bapa, semoga iman akan perutusan Putra-Mu Yesus Kristus, mendorong  Gereja untuk selalu memperbaharui diri dan masyarakat seturut kehendak-Mu. 
Marilah kita mohon ….

Bagi Perdamaian Di Antara Umat Manusia :
Ya Bapa, semoga kelahiran Putra-Mu yang kami rayakan ini membawa suasana perdamaian di antara umat manusia yang sedang bertikai sehingga terciptalah suasana bahagia dan gembira di dunia ini. Marilah kita mohon ….
 
Bagi Kaum Papa :
Ya Bapa, semoga kelahiran Putra-Mu di gua Betlehem men-jadi hiburan bagi mereka yang lemah dan papa dan membangkitkan semangat optimis dalam perjuangan hidup mereka. Marilah kita mohon ….

Bagi diri kita sendiri :
Ya Bapa, semoga suasana perayaan Natal tidak menyebabkan kami melupakan mereka yang terpencil dan menderita. Marilah kita mohon ….  

Imam : Allah Bapa kami, hidup adalah suatu permohonan yang terus-menerus. Dengarkanlah doa Putra dan puteri-Mu, dan berilah tanggapan dalam diri Yesus Kristus Putra-Mu. Tuhan dan Pengantara kami.
Umat : Amin

LITURGI EKARISTI MISA NATAL SIANG

Lagu Persiapan Persembahan

Koor menyanyikan lagu persiapan persembahan

Doa Persiapan Persembahan

Imam : Allah Bapa yang maha pengasih, semoga Roh kebijaksanaan dan kebenaran Kau tunjukkan kepada kami berkat Roti dan Anggur ini, berkat Yesus Putra-Mu terkasih, yang menjadi kedamaian dan penghimpun kami di sekitar altar ini untuk bersyukur di hadapan-Mu. Sebab Dialah Tuhan dan Pengantara kami, kini dan  sepanjang masa.
Umat:  Amin

Prefasi Natal

Imam : Tuhan bersamamu
Umat : Dan bersama rohmu.
Imam : Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan
Umat : Sudah kami arahkan.
Imam : Marilah bersyukur kepada Tuhan Allah kita.
Umat : Sudah layak dan sepantasnya.
Imam : Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus, Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di mana pun juga kami senantiasa bersyukur kepada-Mu. Sebab ketika Sabda-Mu menjadi manusia Engkau memancarkan di hadapan kami keagungan-Mu yang tak terperikan. Engkau, Allah yang tak kelihatan, kin dapat kami kenal dalam diri Putra-Mu, Juru Selamat kami. Kabut yang menyelimuti hati dan budi ditembus sinar surgawi. Maka terbukalah cakrawala baru sehingga kini kami dapat mendambakan kasih karunia dan penyelamatan-Mu yang tadinya tak terbayangkan. Dari sebab itu, kami mengumandangkan kidung kemuliaan bagi-Mu bersama para malaikat dan seluruh laskar surgawi yang tak henti-hentinya bernyanyi:

Lagu Kudus

Kudus, kudus, kuduslah Tuhan, Allah segala kuasa. Surga dan bumi penuh kemuliaan-Mu.
Terpujilah Engkau di surga. Diberkatilah yang datang dalam nama Tuhan. Hosana di tempat yang mahatinggi.

Doa Syukur Agung

Imam mendoakan Doa Syukur Agung

Bapa Kami/ Pater Noster

Doa Damai

Imam : Tuhan Yesus Kristus, Sang Raja damai yang telah datang ke dunia untuk menebus kami dari dosa, janganlah memperhitungkan dosa kami tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu dan berilah kami damai dan kesatuan sesuai dengan kehendak-Mu, Engkau yang hidup dan meraja sepanjang segala masa.
Umat : Amin

Lagu Anak Domba Allah

Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia
Kasihanilah kami
Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia
Kasihanilah kami
Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia
Berilah kami damai

Komuni

Prosesi komuni diiringi lagu-lagu komuni

Doa Sesudah Komuni 

Imam : Marilah Berdoa,
Allah Bapa kami, Pencipta langit dan bumi. Dengan perantaraan Sabda-Mu segala sesuatu tercipta. Kami mohon, dampingilah kami selalu dan teruskanlah penciptaan-Mu, Sebab Sabda-Mu adalah rezeki bagi kami. Tiada tempat lain bagi kami untuk mencari bantuan selain kepada-Mu Bapa pencipta, penjaga dan pelindung kami. Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami.
Umat : Amin

RITUS PENUTUP

Pengumuman

Petugas membacakan pengumuman yang telah disiapkan

Berkat Dan Pengutusan

Imam : Saudara-saudari terkasih, Yesus Kristus telah lahir di tengah kita. Kegelapan hidup yang tidak menentu telah diusir-Nya, dan cahaya baru bersinar atas dunia dan atas hati kita. Dari sebab itu, marilah kita mengakhiri perayaan ini dengan mohon berkat Tuhan. 
Imam    : Semoga Tuhan yang mahabaik mengobarkan semangat kebajikan dalam diri saudara.
Umat    : Amin.
Imam     : Semoga Tuhan menjadikan saudara pewarta khabar suka cita yang menyelamatkan.
Umat     : Amin.
Imam     : Semoga Tuhan menganugerahkan damai ke atas bumi dan berkenan akan amal bakti saudara.
Umat     : Amin.

Imam     : Dan semoga saudara sekalian dilindungi dan dibimbing oleh berkat Allah yang maha kuasa  () BAPA dan   PUTRA dan  ROH KUDUS.
Umat     : Amin.
Imam     : Saudara-saudari, dengan demikian perayaan Natal sudah selesai, pergilah dalam damai.
Umat     : Syukur Kepada Allah.

Lagu Penutup


Dapatkan juga berbagai teks Lagu Misa Katolik dalam bentuk file PDF, berbagai teks Ibadat Sabda Lingkungan, Ibadat Syukur Katolik, Ibadat Arwah Katolik, Panduan Doa Rosario yang dilengkapi dengan permohonan untuk lingkungan atau Kelompok Umat Basis dan berbagai doa Katolik lainnya juga berbagai teks Misa tematik seperti teks Misa Natal, Paskah, Pernikahan, Komuni Pertama, Krisma.

Semoga sajian-sajian di blog ini dapat bermanfaat dan sedikit membantu para pelayan liturgi di lingkungan-lingkungan atau siapa saja yang membutuhkan untuk memuliakan Tuhan dengan baik.

Materi lagu-lagu Misa dan Ibadat akan terus dilengkapi dan disempurnakan. Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa mampir kembali untuk melihat update terbaru dari blog ini.

Tuhan memberkati.



Artikel Terbaru

Jangan lewatkan

Kriteria, Tata Tertib dan Aspek Penilaian Lomba Baca Kitab Suci Katolik BKSN

Contoh Doa Umat Katolik Untuk Lingkungan

Ibadat Lingkungan Katolik Terbaru 2022

Teks Panduan Ibadat Syukur Wisuda Katolik

Teks Panduan Ibadat Katolik untuk Peringatan 40 Hari Kematian

Ibadat Sabda untuk Keluarga dan Lingkungan Umat Basis

Tata Cara Ibadat Sabda Lingkungan Dilengkapi Dengan Contoh Ibadat

Lirik dan Teks Lagu Misa Persembahan Hidup Kami

Lagu Misa Katolik; Referensi Terbaik Lagu-Lagu Misa

Ibadat Sabda Lingkungan Terbaru 2024