Ibadat Sabda Lingkungan Terbaru 2024

Contoh teks Ibadat Sabda Lingkungan, susunan ibadat lingkungan Katolik dan tata cara memimpin ibadat Sabda dilengkapi dengan doa umat terbaru 2024
Ibadat Sabda Lingkungan Terbaru 2024

Sobat pembaca yang budiman! Kita sudah berada di tahun 2024 dan pada postingan ini kami sajikan artikel Contoh Ibadat Sabda Lingkungan atau Kelompok Umat Basis yang dapat dipakai juga sebagai Panduan Ibadat Sabda di Keluarga. Panduan ini berisi tentang Tata Cara Ibadat Sabda Lingkungan dilengkapi juga dengan Tata cara Memimpin Ibadat yang disusun berdasarkan Susunan Ibadat Lingkungan Katolik dan dilengkapi pula dengan doa umat.

Susunan atau tata cara Ibadat Sabda Lingkungan terbaru tahun 2024 sebagai berikut:

  1. Lagu Pembukaan
  2. Tanda Salib dan Salam
  3. Kata Pengantar
  4. Tobat
  5. Doa Pembukaan
  6. Pembcaan Kitab Suci
  7. Renungan
  8. Aku percaya
  9. Doa Umat
  10. Bapa Kami
  11. Doa Pujian
  12. Lagu Penutup
  13. Tanda Salib

Sebelum melaksanakan ibadat, tentu pemimpin menyiapkan perikop kitab suci yang akan dibacakan dan renungannya. Tidak lupa juga menyiapkan lagu yang sesuai entah disiapkan sendiri oleh pemimpin atau oleh petugas tertsendiri. Diupayakan agar lagu yang dipilih familiar untuk semua yang hadir agar semua dapat menyanyikannya. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah susunan dan tata cara Ibadat Sabda Lingkungan.

P=Pemimpin, S=Semua

Lagu Pembuka

Pemimpin atau petugas yang telah diminta mengangkat lagu untuk dinyayikan bersama oleh semua yang hadir.

Tanda Salib dan Salam

P: Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.
S: Amin.
P: Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah Bapa dalam persekutuan dengan Roh Kudus senantiasa menyertai kita sekalian
S: Sekarang dan selama-lamanya.

Kata Pengantar Ibadat Sabda Lingkungan

Pemimpin ibadat menyampaikan kata pengantar, misalnya sebagai berikut:
Saudara/i umat beriman yang terkasih dalam Tuhan Kita Yesus Kristus. Kita sekalian berkumpul kembali sebagai satu kawanan umat Allah dalam persekutuan Lingkungan/Kelompok Umat Basis/ Kelompok Gabungan …. Kita bersyukur karena oleh kasih dan kemurahan Tuhan, hati kita digerakkan dan langkah kita dituntun untuk berkumpul di tempat ini guna kita memuji dan bersyukur kepada-Nya seraya kita memohon berkat dan perlindungan Tuhan untuk perjalanan hidup kita baik dalam kebersamaan kita sebagai satu lingkungan maupun dalam kehidupan keluarga dan pribadi kita masing-masing.
Marilah kita terlebih dahulu pada awal ibadat ini. menyadari diri sebagai orang-orang berdosa, menyesali dosa dan salah kita dan kita mohon ampun dari Tuhan agar doa syukur kita ini boleh berkenan kepada-Nya. 

Tobat

P: Doa Tobat
S: Tuhan yang Maharahim, aku menyesal atas dosa-dosaku, sebab patut aku Engkau hukum, terutama sebab aku telah menghina Engkau yang mahamurah dan mahabaik bagiku. Aku benci akan segala dosaku dan berjanji dengan pertolongan rahmat-Mu, hendak memperbaiki hidupku dan tidak akan berbuat dosa lagi. Allah, ampunilah aku orang bedosa ini.
Semoga Allah, Bapa yang Mahakuasa dan Maharahim mengasihani kita, mengampuni segala dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
Amin

Doa Pembuka Ibadat Sabda Lingkungan

P: Marilah kita berdoa (hening sejenak)
Tuhan, Allah Bapa yang mahabaik, Puji dan syukur selimpah-limpahnya kami haturkan kepada-Mu atas kasih, perlindungan, berkat dan penyertaan-Mu bagi hidup dan karya kami anak-anak-Mu. Oleh karena kehendak-Mu, ya Bapa, kami semua sebagai satu umat Allah dalam Kelompok Umat Basis ini dapat berkumpul di tempat ini dan pada kesempatan ini dalam suasana keakraban penuh cinta. Kami hendak mendengarkan Sabda-Mu dan merenungkannya. Terangilah hati dan budi kami dengan terang ilahi-Mu agar kami dapat menemukan kehendak-Mu dalam Firman yang hendak diberitakan kepada kami dan menjadikannya terang penyuluh jalan hidup, karya dan kebersamaan kami. Semoga Sabda-Mu memberikan peneguhan bagi kami untuk senantiasa membangun peradaban kasih di antara kami, demi Yesus Kristus, Tuhan dan Penyelamat kami yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan dengan Roh Kudus, Pembimbing kami sekarang dan sepanjang masa.
S: Amin

Pembacaan Kitab Suci

Pilih salah satu perikop yang sesuai, atau LIHAT:




Renungan 

Pemimpin ibadat menyampaikan renungan yang telah disiapkannya. Jika tidak ada renungan, Pemimpin ibadat mengajak semua yang hadir masuk dalam suasana hening beberapa saat meresapkan Sabda Tuhan dalam hati masing-masing.

Syahadat/ Aku Percaya

Pemimpin mengajak semua yang hadir untuk bersama-sama mendaraskan doa Aku Percaya. Oleh karena doa ini merupakan ungkapan pokok iman Katolik maka hendaknya didoakan dengan tenang, tidak terburu-buru dan penuh penghayatan.

Doa Umat untuk Ibadat Sabda Lingkungan

P: Saudara-saudari yang terkasih, karena yakin dan percaya akan kasih dan kemurahan Allah Bapa bagi kita maka marilah dengan penuh keyakinan kita menyampaikan doa-doa permohonan kita.

Bagi para gembala Gereja

Ya Bapa, bimbinglah para gembala Gereja-Mu untuk menghayati benar-benar Injil Suci, sehingga mereka menjadi Injil hidup, tempat umat beriman melihat karya Kristus dalam tindakan mereka. Marilah kita mohon!
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

Bagi Kelompok Umat Basis kita

Ya Bapa, bimbinglah kami semua dalam kelompo umat basis ini dengan kasih sayang-Mu agar kami senantiasa membangun keakraban dan kebersamaan di antara kami dengan saling mengasihi demi pengamalan iman dan ketaqwaan kami kepada-Mu. Marilah kita mohon!
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

Bagi para penderita cacat atau sakit.

Ya Bapa, yakinkanlah para penderita cacat atau sakit bahwa masa depan yang cerah tetap menanti mereka karena mereka senantiasa berharap kepada-Mu dan anugerahkanlah kesembuhan bagi mereka. Marilah kita mohon!
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

Bagi semua orangtua

Ya Bapa, terangilah para orangtua agar bertanggung jawab mendidik dan membersarkan anak-anak mereka dengan penuh rasa syukur bahwa anak-anak adalah karunia Allah. Marilah kita mohon!

Bagi kita yang hadir dalam ibadat ini.

Ya Bapa, bimbinglah kami agar dapat menjalani hidup kami dengan riang gembira dan damai sejahtra menuju kebahagiaan kekal. Marikah kita mohon!
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

Bapa Kami

P: Marilah kita menyatukan semua doa permohonan yang telah kita sampaikan kepada Allah Bapa dengan bersama-sama mengucapkan doa yang diajarkan Tuhan Yesus kepada kita
S: Bapa kami yang ada di surga …. (dst)

Doa Salam Maria

Setelah doa Bapa kami, pemimpin ibadat dapat melanjutkan dengan tiga kali atau sepuluh kali doa Salam Maria.

Doa Kemuliaan

P: Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus,
S: seperti pada permulaan, sekarang, selalu dan sepanjang segala abad, Amin.

Doa Penutup Ibadat Sabda Lingkungan

Marilah Berdoa (hening sejenak)
P: Ya Bapa yang Mahabaik, kasih-Mu besar tiada terhingga dan kesetiaan-Mu tanpa henti mengiringi langkah hidup kami. Hanya ucapan syukur yang dapat kami panjatkan untuk memuji segala kebaikan-Mu yang tiada terbatas bagi kami. Engkau telah menciptakan kami dan mengangkat kami menjadi anak-anak-Mu serta memelihara hidup kami siang dan malam. Engkau membimbing kami melalui Gereja-Mu untuk setia dan taat pada perintah dan kehendak-Mu. Walau kami sering jatuh dalam dosa karena kelalaian dan ketidaktaatan kami, kasih-Mu tiada berkurang mencintai kami dan senantiasa terbuka menerima kepulangan kami dalam rangkulan kasih-Mu itu. Sabda-Mu bagai air segar menguatkan kami dan membimbing jalan hidup kami.
Bapa, perjalanan hidup kami masih panjang membentang, kami mohon tuntunan-Mu bagi hidup kami, bagi usaha dan karya kami, bagi kebersamaan dan persekutuan kami dan bagi semua orang yang mencintai juga membenci kami. Berkatilah kami Tuhan demi nama-Mu yang kudus dan mulia dan demi Yesus Kristus Putra-Mu, Tuhan kami yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dan Roh Kudus, mencintai kami sepanjang segala masa.
S. Amin.

Pernyataan Akhir

P: Tuhan beserta kita
S. Sekarang dan selama-lamanya.
P. Semoga keluarga ini, semua yang telah kita doakan dan kita sekalian, hidup dan karya kita senantiasa dibimbing, dilindungi dan diberkati oleh Allah yang Mahakasih, dalam Nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus.
S. Amin.
P. Saudara-saudari terkasih, dengan ini ibadat syukur kita sudah selesai.
S. Syukur kepada Allah

Lagu Penutup

Demikian artikel tentang Teks Ibadat Sabda Lingkungan terbaru tahun 2024, semoga bermanfaan.
Dapatkan juga berbagai teks Lagu Misa Katolik dalam bentuk file PDF, berbagai teks Ibadat Sabda Lingkungan, Ibadat Syukur Katolik, Ibadat Arwah Katolik, Panduan Doa Rosario yang dilengkapi dengan permohonan untuk lingkungan atau Kelompok Umat Basis dan berbagai doa Katolik lainnya juga berbagai teks Misa tematik seperti teks Misa Natal, Paskah, Pernikahan, Komuni Pertama, Krisma.

Semoga sajian-sajian di blog ini dapat bermanfaat dan sedikit membantu para pelayan liturgi di lingkungan-lingkungan atau siapa saja yang membutuhkan untuk memuliakan Tuhan dengan baik.

Materi lagu-lagu Misa dan Ibadat akan terus dilengkapi dan disempurnakan. Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa mampir kembali untuk melihat update terbaru dari blog ini.

Tuhan memberkati.



Artikel Terbaru

Jangan lewatkan

Daftar Lagu Pentakosta Katolik dengan Teks PDF Download

Ibadat Lingkungan Katolik Terbaru 2022

Lagu Pentakosta Roh Tuhan Memenuhi Dunia

Teks Panduan Ibadat Katolik untuk Peringatan 40 Hari Kematian

Ibadat Sabda untuk Keluarga dan Lingkungan Umat Basis

Contoh Doa Umat Katolik Untuk Lingkungan

Teks Panduan Ibadat Syukur Wisuda Katolik

Terbaru! Doa Rosario Lengkap dengan Permohonan

Lirik dan Teks Lagu Misa Persembahan Hidup Kami

Lagu Misa Katolik; Referensi Terbaik Lagu-Lagu Misa