Ibadat Syukur Atas Kesembuhan Menurut Tata Cara Katolik

Dapatkan berbagai teks panduan Ibadat Sabda Lingkungan, tata cara ibadat sabda lingkungan Katolik dilengkapi dengan susunan Ibadat/doa Lingkungan Katolik dan tata cara memimpin ibadat lingkungan serta contoh doa umat Katolik untuk berbagai ujud dalam ibadat lingkungan yang meliputi berbagai ibadat dengan macam-macam tema keperluan seperti ibadat syukur Katolik, ibadat permohonan, ibadat arwah, doa Rosario, doa Kerahiman Ilahi, ibadat sabda hari Minggu dan berbagai doa Katolik.

IBADAT SYUKUR ATAS KESEMBUHAN

Teks panduan ibadat syukur atas kesembuhan dari sakit dengan format dan tata cata Ibadat Sabda Lingkungan Katolik.

Lihat juga:
Ibadat syukur wisuda Katolik

Tata cara Ibadat Sabda Lingkungan Katolik

Panduan doa Rosario lengkap dengan permohonan untuk lingkungan

P=Pemimpin ibadat, U=Umat

Lagu Pembuka

Lagu pembukaan dapat menggunakan Madah Bakti nomor 473 atau 480

Lihat juga:
Lagu-lagu Misa Katolik teks partitur SATB

Tanda Salib dan Salam

P. Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.
U. Amin.
P. Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah Bapa dalam persekutuan dengan Roh Kudus senantiasa menyertai kita sekalian
U. Sekarang dan selama-lamanya.

Kata Pengantar

P. Saudara/i yang dikasihi Tunan. Setiap orangtua mengajari anak-anaknya untuk tahu mengucap terima kasih. Ucapan terima kasih adalah bentuk penghargaan kita terhadap pemberian orang. Orang yang tahu berterima kasih adalah orang yang memiliki kerendahan hati dan berjiwa besar. Terhadap manusia saja kita wajib berterima kasih apabila ada yang memberi perhatian pada kita, apalagi terhadap Tuhan yang kemurahan-Nya tidak terbatas bagi kita tanpa memandang cacat-cela kita, tanpa memperhatikan salah dan dosa kita.

Setelah mengalami sakit, beberapa waktu …. (sebutkan nama) menjalani perawatan Tuhan melalui sama saudara yang melayani. Atas penyelenggaraan kasih Tuhan …. sudah pulih dari sakit yang dideritanya. Sebelum memulai pengobatan, kita telah memohon campur tangan Tuhan maka patutlah pada kesempatan ini kita menaikkan pujian dan syukur kepada-Nya karena kita percaya bahwa kesembuhan ini boleh terjadi berkat kuasa kasih dan kemurahan Tuhan.

Marilah kita terlebih dahulu menyadari diri sebagai orang-orang berdosa, menyesali dosa dan salah kita dan kita mohon ampun dari Tuhan agar doa syukur kita ini boleh berkenan kepada-Nya.

Tobat

P. Doa Tobat
U. Tuhan yang Maharahim, aku menyesal atas dosa-dosaku, sebab patut aku Engkau hukum, terutama sebab aku telah menghina Engkau yang mahamurah dan mahabaik bagiku. Aku benci akan segala dosaku dan berjanji dengan pertolongan rahmat-Mu, hendak memperbaiki hidupku dan tidak akan berbuat dosa lagi. Allah, ampunilah aku orang bedosa ini.
P. Semoga Allah, Bapa yang Mahakuasa dan Maharahim mengasihani kita, mengampuni segala dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin

Doa Pembuka

P. Marilah kita berdoa (hening sejenak)
Tuhan, Allah Bapa yang mahabaik, hidup kami ada di dalam tangan-Mu. Dalam sakit dan derita yang kami alami, Engkau mengajari kami untuk lebih pasrah pada-Mu, tabah dan sabar menanggungnya. Putra-Mu Yesus telah lebih dahulu menderita dan wafat demi keselamatan kami. Kami bersyukur karena oleh pertolongan kasih-Mu, Engkau memberikan rahmat kesembuhan bagi …. Pandanglah kami semua yang kini berhimpun dalam doa syukur ini, terimalah ucapan syukur kami, berkenanlah memelihara hidup kami, kekeluargaan dan persaudaraan kami serta indahkanlah sembah bakti kami pada-Mu.
Pujian, syukur dan permohonan ini kami sampaikan kepada-Mu ya Bapa dengan pengantaraan Yesus Kristus, Petra-Mu, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa bersama dengan Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa.
U. Amin

Pembacaan Kitab Suci

Pemimpin ibada atau salah satu yang hadir membacakan Sabda Tuhan. Pilih salah satu perikop yang sesuai, misalnya Lukas 17;11-19 atau bacaan pada hari yang bersangkutan.

Renungan

Pemimpin ibadat menyampaikan renungan singkat berdasarkan refleksi atas Sabda Tuhan yang telah dibacakan. Jika tidak ada renungan, pemimpin mengajak semua yang hadir hening beberapa saat untuk meresapi Sabda Tuhan.

Syahadat

Pemimpin mengajak umat untuk bersama-sama mendaraskan doa Aku Percaya

Doa Umat

P. Saudara-saudari yang dikasihi Tuhan. Atas peristiwa kesembuhan yang dialami oleh …. Dan atas keyakinan iman kita akan kasih dan kebaikan Tuhan, marilah kita menyampaikan doa-doa permohonan kita

Bagi Gereja

Ya Bapa, berkatilah Gereja-Mu di seluruh dunia agar dengan tiada henti-hentinya mewartakan amanat cinta kasih Kristus dan menjadi tempat perlindungan bagi semua orang terutama yang miskin dan tertindas serta yang mengalami kemalangan dan penderitaan. Marilah kita mohon!
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan

Bagi …. (sebut nama orang yang didoakan atas kesembuhannya)

Ya Bapa, kami bersyukur atas rahmat kesembuhan yang Kau anugerahkan kepada …. Seluruh perjalanan hidupnya ke depan kami taruh dalam tangan kasih-Mu, peliharalah dia dengan perlindungan-Mu sendiri agar ia senantiasa sehat walafiat untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Marilah kita mohon!
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

Bagi semua yang melayani di waktu sakit

Ya Bapa, kami bersyukur kepada-Mu atas semua bentuk perhatian pelayanan kasih yang telah diberikan kepada …. Sejak ia jatuh sakit sampai mengalami kesembuhan. Peliharalah pula hidup mereka dan ganjarilah kemurahan hati mereka dengan perlindungan-Mu. Berkatilah usaha dan karya mereka dengan kelimpahan rezeki-Mu. Marilah kita mohon!
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

Bagi rumah tangga ini

Ya Bapa, lindungilah selalu rumah ini dan semua yang mendiaminya dari segala bahaya dan kejahatan. Semoga kasih dan kedamaian senantiasa mewarnai dan menghiasi kehidupan mereka setiap waktu, siang dan malam. Bantulah mereka untuk senantiasa takut akan Dikau dengan taat dan setia pada kehendak-Mu. Marilah kita mohon!

Bagi jiwa-jiwa anggota keluarga yang telah meninggal

Ya Bapa Maharahim, ampunilah dosa dan kesalahan dari anggota keluarga yang telah meninggal dunia. Anugerahkan kepada mereka kehidupan abadi bersama Engkau dalam kerajaan surga. Marilah kita mohon!
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

Bagi kita yang hadir dalam ibadat ini

Ya Bapa, pandanglah kami semua yang kini berhimpun di hadapan hadirat-Mu dalam ibadat syukur ini. Bantulah kami untuk menyerahkan hidup kami sepenuhnya ke dalam penyelenggaraan ilahi-Mu sehingga kami selalu menjadi umat yang berkenan kepada-Mu dan Engkau sendirilah yang menjadi Penjamin hidup kami. Marikah kita mohon!
U. Kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

Bapa Kami

P. Marilah kita menyatukan semua permohonan kita ini dengan doa Tuhan Yesus sendiri.
U. Bapa kami yang ada di surga ….

Tiga (Sepuluh) kali Salam Maria

Pemimpin dapat melanjutkan dengan doa Salam Maria sebanyak tiga kali atau sepuluh kali.
P. Kemuliaan kepada Bapa dan Putra dan Roh Kudus.
U. Seperti pada permulaan, sekarang, selalu dan sepanjang segala abad, amin.
P. Ya Yesus yang baik,
U. Ampunilah segala dosa kami ….

Doa Penutup

P. Marilah Berdoa (hening sejenak)
Tuhan Allah Bapa dalam surga, Bapa yang mahamurah dan penuh cinta. Syukur berlimpah kami haturkan kepada-Mu atas kebersamaan iman yang telah kami alami dalam ibadat ini. Didalamnya kami mengalami kehadiran-Mu yang penuh cinta dan damai. Semoga kasih dan kedamaian ini kami nyatakan dalam kehidupan kami sehari-hari dalam kehidupan keluarga, Gereja dan dalam masyarakat agar dengan itu nama-Mu dipuji dan dimuliakan selalu. Berkatilah kami semua, berkati pula makanan dan minuman yang akan kami santap nanti dan ketika sebentar kami berpisah satu sama lain, sertai dan lindungi kami dalam perjalanan agar boleh tiba di kediaman kami masing-masing dalam keadaan selamat. Dikau kami puji dan muliakan demi Kristus Tuhan dan Juruselamat kami sekarang dan sepanjang hayat hidup kami.
U. Amin.

Doa Santu Mikhael

Santu Mikhael, bantulah dan lindungilah kami dalam perang melawan kejahatan dan tipu daya setan. Kami mohon dengan rendah hati kiranya Allah menghukumnya dan engkau panglima bala tentara surga, usirlah ke dalam neraka, setan serta roh jahat lainnya yang berkeliaran di atas bumi hendak membinasakan segala jiwa. Amin.

Pernyataan Akhir

P. Tuhan beserta kita
U. Sekarang dan selama-lamanya.
P. Semoga keluarga ini, semua yang telah kita doakan dan kita sekalian, hidup dan karya kita senantiasa dibimbing, dilindungi dan diberkati oleh Allah yang Mahakasih, dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.
U. Amin.
P. Saudara-saudari terkasih, dengan ini ibadat syukur kita sudah selesai.
U. Syukur kepada Allah

Lagu Penutup

Lagu penutup dapat dinyanyikan dari Madah Bakti nomor 488

Terima kasih atas kunjungannya, Tuhan memberkati.

ibadat-sabda-lingkungan-katolik




Artikel Terbaru

Jangan lewatkan

Kriteria, Tata Tertib dan Aspek Penilaian Lomba Baca Kitab Suci Katolik BKSN

Contoh Doa Umat Katolik Untuk Lingkungan

Ibadat Lingkungan Katolik Terbaru 2022

Teks Panduan Ibadat Syukur Wisuda Katolik

Teks Panduan Ibadat Katolik untuk Peringatan 40 Hari Kematian

Ibadat Sabda untuk Keluarga dan Lingkungan Umat Basis

Tata Cara Ibadat Sabda Lingkungan Dilengkapi Dengan Contoh Ibadat

Lirik dan Teks Lagu Misa Persembahan Hidup Kami

Lagu Misa Katolik; Referensi Terbaik Lagu-Lagu Misa

Ibadat Sabda Lingkungan Terbaru 2024