Ibadat Sabda untuk Keluarga dan Lingkungan Umat Basis

Teks panduan Ibadat Sabda Lingkungan untuk keluarga disertai dengan doa umat

Dalam lingkungan atau Kelompok Umat Basis, acap kali ada anggota umat yang meminta ibadat di rumah berkenaan dengan suatu maksud tertentu dari keluarga tersebut, entah itu ibadat syukur atau ibadat lainnya. Ada banyak panduan Ibadat Sabda yang dapat digunakan. Berikut ini diberikan salah satu alternatif panduan Ibadat Syukur yang dapat anda gunakan.

IBADAT SYUKUR KELUARGA

Lagu Pembuka

Tanda Salib dan Salam

P. Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.
U. Amin.

P. Rahmat Tuhan kita Yesus Kristus, cinta kasih Allah Bapa dalam persekutuan dengan Roh Kudus senantiasa menyertai kita sekalian
U. Sekarang dan selama-lamanya.

Kata Pengantar

Tobat

Ajakan tobat dan doa tobat

P. Semoga Allah, Bapa yang Mahakuasa dan Maharahim mengasihani kita, mengampuni segala dosa kita dan mengantar kita ke hidup yang kekal.
U. Amin

Doa Pembuka

P. Marilah kita berdoa
Tuhan, Allah Bapa yang mahabaik, kami bersyukur atas penyelenggaraan kasih-Mu dalam hidup kami terutama dalam kehidupan keluarga ….
Engkau telah merahmati mereka dengan berkat anugerah-Mu sehingga ….
Maka kami semua datang ke hadapan-Mu untuk menyatakan pujian dan syukur kami, pujian dan syukur keluarga ini atas berkat dan anugerah-Mu itu.
Dalam ungkapan syukur kami ini, kami juga mengingat jiwa-jiwa dari anggota keluarga ini ….
Oleh kerahiman-Mu yang besar, ampunilah segala dosa mereka dan perkenankan mereka berbahagia bersama-Mu dalam Kerajaan Surga.
Pujian, syukur dan permohonan ini kami sampaikan kepada-Mu ya Bapa dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa bersama dengan Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa.
U. Amin

Pembacaan Kitab Suci
Pilih salah satu perikop yang sesuai atau bacaan pada hari yang bersangkutan.

Renungan

Aku Percaya

Doa Umat Ibadat Tanpa Imam

Bagi Gereja

Ya Bapa, berkatilah Gereja-Mu di seluruh dunia agar dengan tiada henti-hentinya mewartakan amanat cinta kasih Kristus dan menjadi tempat perlindungan bagi semua orang terutama yang miskin dan tertindas serta yang mengalami kemalangan dan penderitaan. Marilah kita mohon!

Bagi orangtua dalam keluarga ini

Ya Bapa, berkatilah kedua orangtua dalam keluarga ini untuk tetap teguh dalam janji perkawinan dalam membangun keluarga, tetap tegar duka dan derita, setia dalam untung dan malang, saling menopang dalam menangung beban, saling mengampuni dalam kelalaian dan seiya-sekata dalam mendidik dan membesarkan anak-anak. Semoga bapak keluarga menjalankan tugasnya (….) dengan penuh tanggung jawab dan semoga ibu keluarga menjadi ibu rumah tangga yang baik. Berilah pula rejeki yang mereka butuhkan untuk menghidupi keluarga mereka. Marilah kita mohon!

Bagi anak-anak dalam keluarga ini (….).

Ya Bapa, berkatilah anak-anak yang Engkau anugerahkan bagi keluarga ini. Jagailah mereka agar menjadi semakin menyerupai Yesus, yang semakin besar, semakin bertambah hikmat-Nya, semakin berkenan pada-Mu dan pada sesama. Tuntunlah mereka agar tetap setia pada panggilan mereka selaku orang Katolik; bantulah mereka menekuni tugas mereka dengan penuh semangat. Lindungilah mereka dari marabahaya dan terangilah mereka dalam memilih jalan hidup yang selaras dengan kehendak-Mu. 
Marilah kita mohon!

Bagi jiwa-jiwa anggota keluarga ini yang telah meninggal

Ya Bapa Maharahim, ampunilah dosa dan kesalahan dari anggota keluarga ini yang telah meninggal dunia…. Anugerahkan kepada mereka kehidupan abadi bersama Engkau dalam kerajaan surga.
Marilah kita mohon!

Bagi maksud dan kepentingan keluarga ini.

Ya Bapa, pimpinlah keluarga ini dalam kehidupan mereka terutama dalam mengusahakan segala maksud baik dan kepentingan mereka agar boleh berhasil. Mampukanlah mereka untuk tetap bersyukur atas rejeki yang Kau berikan dan ajarilah untuk menjadi keluarga yang bersedia hidup sederhana namun kaya dalam iman sebagaimana diteladankan oleh keluarga kudus Nazaret. 
Marilah kita mohon!

Bagi semua kaum keluarga.

Ya Bapa, kami juga mohon berkat dan perlindungan-Mu untuk segenap kaum keluarga dari keluarga ini di sini dan di mana saja berada. Semoga mereka semua senantiasa mengusahakan sukacita dalam kasih agar suasana kekeluargaan dan kebersamaan di antara mereka jangan sampai luntur dan mereka senantiasa saling memperhatikan dalam susah dan senang. 

Marilah kita mohon! 
Bagi jiwa-jiwa anggota keluarga yang telah meninggal.
Ya Bapa  yang Maharahim dan berbelas kasih, ampunilah  segala dosa dan kesalahan dari semua anggota keluarga ini yang telah meninggal dunia (sebutkan nama-nama mereka) dan perkenankanlah mereka untuk masuk ke dalam kemuliaan abadi bersama Dikau dalam Kerajaan surga. Marilah kita mohon!

Bagi kita yang hadir dalam ibadat ini.

Ya Bapa, pandanglah kami semua yang kini berhimpun di hadapan hadirat-Mu. Bantulah kami untuk menyerahkan hidup kami sepenuhnya ke dalam penyelenggaraan ilahi-Mu sehingga kami selalu menjadi umat yang berkenan kepada-Mu dan Engkau sendirilah yang menjadi Penjamin hidup kami. Marikah kita mohon!

Bapa Kami

Tiga (Sepuluh) kali Salam Maria

Kemuliaan ….

Ya Yesus yang baik (Doa Fatima)

Doa Penutup Ibadat Sabda Lingkungan

P. Marilah Berdoa
Tuhan Allah Bapa dalam surga, Bapa yang mahamurah dan penuh cinta. Kami bersyukur kepada-Mu atas kebersamaan iman yang telah kami alami dalam ibadat ini. Semoga kasih dan kedamaian ini kami nyatakan dalam kehidupan kami sehari-hari dalam kehidupan keluarga, Gereja dan dalam masyarakat agar dengan itu nama-Mu dipuji dan dimuliakan selalu demi Kristus Tuhan dan Juruselamat kami. 
U. Amin.

Mohon Berkat

P. Tuhan beserta kita
U. Sekarang dan selama-lamanya.
P. Semoga keluarga ini, semua yang telah kita doakan dan kita sekalian, hidup dan karya kita senantiasa dibimbing, dilindungi dan diberkati oleh Allah yang Mahakasih, dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus.
U. Amin.
P. Saudara-saudari terkasih, dengan ini ibadat syukur kita sudah selesai.
U. Syukur kepada Allah

Lagu Penutup

Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat!

Salam Damai Sejahtra
Tuhan memberkati.



Artikel Terbaru

Jangan lewatkan

Daftar Lagu Pentakosta Katolik dengan Teks PDF Download

Ibadat Lingkungan Katolik Terbaru 2022

Lagu Pentakosta Roh Tuhan Memenuhi Dunia

Teks Panduan Ibadat Katolik untuk Peringatan 40 Hari Kematian

Contoh Doa Umat Katolik Untuk Lingkungan

Teks Panduan Ibadat Syukur Wisuda Katolik

Terbaru! Doa Rosario Lengkap dengan Permohonan

Lirik dan Teks Lagu Misa Persembahan Hidup Kami

Lagu Misa Katolik; Referensi Terbaik Lagu-Lagu Misa