Hari Raya Natal Misa Malam; Makna Perayaan dan Panduan Misa

Hari Raya Natal : MISA MALAM
Selasa, 24 Desember 2019 | 19.00 WITA
Gereja Katolik Sidongkomang – Paroki Santu Yakobus Rasul Bukapiting-Alor

Misa ini dilaksanakan pada tanggal 24 Desember malam (in nocte) yang merupakan perayaan kelahiran Yesus Kristus. Perayaan ini memberi tekanan tentang kelahiran-Nya yang sudah terjadi sejak awal, yakni dalam kehendak Bapa di surga untuk mengangkat martabat manusia ke dalam sejarah keselamatan-Nya. Bacaan Injil dari Lukas 2:1-14, mengisahkan tentang Maria melahirkan di Betlehem. Kisah ini merupakan ajakan bagi kita semua menyerahkan kemanusiaan kita (sejarah manusia) untuk dimasukkan/diikutsertakan dalam Sejarah Keselamatan oleh Tuhan). Misa ini sering disalahartikan di banyak tempat sebagai Vigili Natal (Malam Natal) namun dari isi dan makna perayaan ini maka tidak tepat apabila disebut sebagai Misa Malam Natal karena di situlah kelahiran Yesus dirayakan dan bukan Misa menjelang kelahiran Yesus.

Panduan Misa:

RITUS PEMBUKA

Mengenal, memahami dan menghayati Ekaristi

Keluarga Katolik dan Ekaristi

Upacara di luar Gereja (semua lampu di padamkan).

Komentar :
HIDUPLAH SEBAGAI SAHABAT BAGI SEMUA ORANG (Yoh 15:14-15).
Bapa ibu, saudara-saudari, umat beriman yang terkasih dalam Kristus! Natal telah tiba, marilah kita merayakannya dengan gembira dan dengan hati yang penuh syukur.
Janji Allah tergenapi sudah, ramalan para nabi pun menjadi nyata kini. Allah yang berdiam dalam keagungan-Nya telah datang untuk melawat dan menyelamatkan umat manusia dari jarak yang sangat dekat. Semuanya ini nyata di dalam diri Yesus Kristus Sang Bayi Mungil. Ia lahir di palungan hina, kandang Betlehem. Dialah Sang Raja Damai Sejahtra bagi dunia. Dialah sang Imanuel, Allah beserta kita. Kelahiran Yesus adalah kehendak Bapa di surga untuk mengangkat martabat manusia ke dalam sejarah keselamatan-Nya. Kisah Maria melahirkan di Betlehem menjadi ajakan bagi kita semua menyerahkan kemanusiaan kita untuk diikutsertakan dalam Sejarah Keselamatan oleh Tuhan.
Marilah bersama para malaikat kita bermadah memuji Allah karena karya agung-Nya ini.
Umat diundang berdiri.

Daftar rekomendasi lagu Misa Natal terbaru

Tanda Salib dan Salam

Doa pemberkatan patung kanak Yesus

Imam : Marilah berdoa
Yesus Sang Bayi Ilahi, Engkau rela datang dan bersatu dengan kami, umat yang sederhana dan hina ini. Engkau menjadi senasib dan seperjuangan dengan kami. Pengalaman hidup kami yang lapar, haus, sakit, derita dan resah menjadi bagian hidup-Mu. Kegembiran kami menjadi sukacita-Mu, air mata kami menjadi kecemasan-Mu, dosa dan salah kami menjadi salib-Mu. Ya Yesus, ini keadaan kami yang senantiasa haus akan kasih dan cinta-Mu.
Marilah ya Yesus, masuklah dalam palungan hati kami sebagaimana Engkau telah berkenan dilahirkan di dalam palungan kandang Betlehem. Jadikanlah hati kami palungan yang suci.
Berkatilah patung bayi Yesus ini (+) . Terpujilah nama-Mu yang kudus dan sepanjang segala masa.
Umat : Amin
(Imam mereciki patung kanak-kanak Yesus dengan air berkat)

Perarakan menuju gereja
Perarakan menuju Gereja dalam keadaan hening.

Mencari Penginapan
Tiba di depan pintu Gereja yang tertutup, ada dialog antara Yosef dan Maria dengan pemilik rumah penginapan.
Semua umat menghadap ke arah pintu

Perarakan menuju Kandang Natal
Urutan Perarakan :

  • Ajuda Pembawa Stribulum dan Navicula
  • Ajuda Pembawa Salib
  • Ajuda Pembawa Lilin
  • Ajuda Pelayan Imam
  • Pasangan Keluarga Pembawa Kanak-kanak Yesus
  • Lektor dan Pemazmur
  • Imam
Saat perarakan/ dapat diiringi instrumental lagu Malam Kudus.

Maklumat kelahiran Yesus Kristus
Dibawakan saat imam dan para petugas liturgi tiba di depan altar. Petugas dapat menyiapkan diri di tempat yang sudah ditentukan.
Maklumat tentang kelahiran Yesus Kristus Penyelamat dunia. Beribu-ribu abad sesudah bumi dan segala isinya diciptakan; delapan belas abad sesudah Abraham menanggapi panggilan Allah; dua belas setengah abad sesudah Musa diutus Allah untuk mengantarkan umat Israel ke tanah yang dijanjikan; sepuluh abad sesudah Daud dipilih Allah menjadi raja umat-Nya; lima abad sesudah sisa
umat Allah diantarkan kembali dari pembuangan Babel; sesudah kegenapan masa tiba, waktu Kaisar Agustus mengeluarkan perintah untuk mengadakan cacah jiwa di seluruh wilayah kerajaannya. Maka sesudah dikandung Perawan Maria oleh kuasa Roh Kudus, lahirlah di Betlehem daerah Yehuda, Yesus Kristus, Putera Bapa, untuk menyelamatkan manusia.
Setelah pemakluman Maklumat Natal, Iman dan putra altar menuju ke kandang natal.

Komentar :
Umat beriman yang terkasih, mari kita berlutut sejenak dan dalam keheningan mendalam, kita mengenangkan kembali peristiwa kelahiran sang Juru Selamat, Yesus Kristus, Putra tunggal Allah.

Lagu Malam Kudus oleh Kor (dinyanyikan 1 ayat).

Ajuda pembawa lilin menyalakan lilin umat.

Pemberkatan Kandang Natal

Imam : Marilah berdoa, Allah Bapa yang kekal dan kuasa, bukalah pintu surga bagi kami umat-Mu yang setia menantikan kedatangan Putra-Mu dan nyalakanlah cahaya-Mu dalam hati kami masing-masing, agar dalam wajah Putra-Mu yang pada malam ini kami kenangkan kelahiranNya, kami semakin mengenal Dia.
Engkau hendak menyelamatkan kami dari belenggu dosa dan maut, dan mengangkat kami masuk dalam kemuliaan-Mu.
Kami mohon (+) berkatilah dan sucikanlah kandang Natal ini agar dari padanya terpancar sinar rahmat keselamatan yang telah Kau janjikan dan kini Kau nyatakan kepada kami.
Demi Yesus Kristus Putra-Mu Tuhan dan Pengantara kami yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa.
Umat : Amin
Imam mendupai kandang natal lalu berlutut di tempat yang telah disediakan di depan kandang natal.

Doa di Depan Kandang Natal

Wakil dari orang tua :
Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah rahmat Allah yang nampak, pembawa cahaya terang-benderang yang meng-halau kegelapan dosa dunia. Rajailah hati kami dengan damai sejahtera-Mu sehingga kami mampu menampakkan kasih Bapa dalam keluarga kami masing-masing. Amin.

Wakil anak dan remaja :
Ya Yesus yang terbaring lemah dalam palungan, Engkaulah sahabat kami. Tinggallah di antara kami, bim-binglah jalan hidup kami, dan jadikanlah kami sahabat yang baik bagi orang tua, guru-guru, teman-teman kami dan semua orang. Amin.

Wakil orang muda :
Ya Yesus, Engkau hadir di dunia untuk menyatakan kasih Allah yang menyelamatkan. Kami mohon, bantulah kami agar mampu membangun hidup kami demi masa depan yang lebih baik seturut kehendak-Mu yang menyelamatkan. Amin.

Wakil DPP/DPK
Ya Yesus, pangeran perdamaian, Engkau telah hadir sebagai manusia untuk mendamaikan kami dengan Bapa di surga. Kami mohon, kuatkanlah dan bimbinglah kami dalam tugas kami, agar mampu menghantar umat-Mu kepada-Mu lewat tugas-tugas yang kami emban di Paroki/Kapela stasi kami ini. Amin.

Lagu Pembuka
Lampu-lampu di nyalakan, lilin umat dipadamkan. Imam, ajuda dan para petugas liturgi mengambil tempat.

Teks lagu Misa yang mungkin Sobat butuhkan:

Tanda Salib Dan Salam Pembuka
Imam : Dalam nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus.
Umat : Amin.
Imam : Tuhan Bersamamu.
Umat : Dan Bersama Rohmu.

Kata Pembuka Dan Ajakan Tobat
Lagu Tuhan Kasihanilah Kami
Madah Kemuliaan (Semua lonceng dibunyikan)

Doa Pembuka
Imam : Marilah berdoa,
Allah dan Bapa kami, Engkau menjadikan malam yang amat kudus ini bermandikan sinar Terang sejati. Semoga kami, yang sudah mengakui misteri Terang itu di dunia, kelak layak menikmati sukacita-Nya di surga. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
Umat : Amin

LITURGI SABDA

Bacaan I
Seorang Putra telah diberikan kepada kita (Yesaya 9:1-6)
Bangsa yang berjalan di dalam kegelapan telah melihat terang yang besar; mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar. Engkau telah menimbulkan banyak sorak-sorak, dan sukacita yang besar; mereka telah bersukacita di hadapan-Mu, seperti sukacita di waktu panen, seperti orang bersorak-sorak di waktu membagi-bagi jarahan. Sebab kuk yang menekannya dan gandar yang di atas bahunya serta tongkat si penindas telah Kaupatahkan seperti pada hari kekalahan Midian.
Sebab setiap sepatu tentara yang berderap-derap dan setiap jubah yang berlumuran darah akan menjadi umpan api. Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. Besar kekuasaannya, dan damai sejahtera tidak akan berkesudahan di atas takhta Daud dan di dalam kerajaannya, karena ia mendasarkan dan mengokohkannya dengan keadilan dan kebenaran dari sekarang sampai selama-lamanya. Kecemburuan TUHAN semesta alam akan melakukan hal ini.

Mazmur Tanggapan

Bacaan II
Kasih karunia Allah sudah nyata bagi semua orang (Titus 2:11-14)
Karena kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia sudah nyata. Ia mendidik kita supaya kita meninggalkan kefasikan dan keinginan-keinginan duniawi dan supaya kita hidup bijaksana, adil dan beribadah di dalam dunia sekarang ini dengan menantikan penggenapan pengharapan kita yang penuh bahagia dan penyataan kemuliaan Allah yang Mahabesar dan Juruselamat kita Yesus Kristus, yang telah menyerahkan diri-Nya bagi kita untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik.

Bait Pengantar Injil

Bacaan Injil
Hari ini telah lahir bagimu Juru selamat (Lukas 2: 1-14)
Pada waktu itu Kaisar Agustus mengeluarkan suatu perintah, menyuruh mendaftarkan semua orang di seluruh dunia. Inilah pendaftaran yang pertama kali diadakan sewaktu Kirenius menjadi wali negeri di Siria. Maka pergilah semua orang mendaftarkan diri, masing-masing di kotanya sendiri. Demikian juga Yusuf pergi dari kota Nazaret di Galilea ke Yudea, ke kota Daud yang bernama Betlehem, -- karena ia berasal dari keluarga dan keturunan Daud -- supaya didaftarkan bersama-sama dengan Maria, tunangannya, yang sedang mengandung.
Ketika mereka di situ tibalah waktunya bagi Maria untuk bersalin, dan ia melahirkan seorang anak laki-laki, anaknya yang sulung, lalu dibungkusnya dengan lampin dan dibaringkannya di dalam palungan, karena tidak ada tempat bagi mereka di rumah penginapan. Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam.
Tiba-tiba berdirilah seorang malaikat Tuhan di dekat mereka dan kemuliaan Tuhan bersinar meliputi mereka dan mereka sangat ketakutan. Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:
Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan."
Dan tiba-tiba tampaklah bersama-sama dengan malaikat itu sejumlah besar bala tentara sorga yang memuji Allah, katanya: "Kemuliaan bagi Allah di tempat yang mahatinggi dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya."

Homili

Credo
Lagu Aku Percaya

(Dinyanyikan menggunakan rumusan credo yang lengkap. Saat mengucapkan “Yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh Perawan Maria/ Et incarnatus est de Spiritu Sancto ex Maria Virgine et homo factus est”, Imam dan semua umat berlutut).

Doa Umat Misa Malam Natal

Imam : Seorang Putra telah lahir bagi kita, Imanuel, Tuhan Beserta kita nama-Nya. Dialah tanda tetap bahwa Allah menyayangi kita. Maka marilah kita panjatkan doa kepada-Nya dengan perantaraan Yesus Putra-Nya, yang terbaring di palungan.

1. Bagi Gereja Kita:

Ya Bapa, semoga iman akan perutusan Yesus tetap mendorong Gereja untuk selalu memperbaharui diri, umat dan masyarakat seturut kehendak-Mu. Marilah kita mohon....

2. Bagi Perdamaian di antara umat manusia:

Ya Bapa, semoga nyanyian para Malaikat terwujud benar dan tercapailah perdamaian, bukan perang; kebahagiaan bukan penderitaan; kegembiraan bukan kesedihan, bagi seluruh umat manusia. Marilah kita mohon....

3. Bagi para pengangguran, gelandangan, pengungsi dan tawanan :

Ya Bapa, semoga mereka dapat menemukan pada diri kami segala sesuatu yang mereka perlukan, tangan-tangan yang mau menolong, dan terutama hati yang penuh cintakasih. Marilah kita mohon....

4. Bagi diri Kita sendiri :

Ya Bapa ,semoga dalam suasana perayaan Natal ini kami tak melupakan mereka yang terpencil dan menderita.
Marilah kita mohon....

Imam : Allah Bapa, maha pengasih dan penyayang, kami mohon, pandanglah kami dengan kasih sayang-Mu, agar kami semakin sadar bahwa Engkau beserta kami dan kami beserta Engkau, bahwa Engkau Allah kami dan kami umat-Mu, bahwa Engkau Bapa kami dan kami Putra-puteri-Mu. Demi Kristus, Putra-Mu, Tuhan dan pengantara kami.
Umat : Amin

LITURGI EKARISTI

Lagu Persiapan Persembahan
Doa Persiapan Persembahan

Imam : Allah Bapa mahapengasih, terimalah persembahan roti dan anggur, suka duka dan mati raga kami selama masa Adven, sebagai lambang syukur dan cinta kasih kami pada perayaan Natal Putra-Mu terkasih. Sebab Engkau telah mendahului kami menaruh cinta kasih sedalam-dalamnya dengan menganugerahkan Yesus Kristus Putra-Mu yang telah menjelma dan lahir di dunia, dan yang kami mohon berkenan lahir kembali di dalam diri kami, keluarga dan masyarakat kami. Dialah Tuhan dan pengantara kami kini dan sepanjang masa.
Umat: Amin

Prefasi Natal

I. Tuhan bersamamu
U. Dan bersama rohmu.
I. Marilah mengarahkan hati kepada Tuhan
U. Sudah kami arahkan.
I. Marilah bersyukur kepada Tuhan Allah kita.
U. Sudah layak dan sepantasnya.
I. Sungguh layak dan sepantasnya, ya Bapa yang kudus, Allah yang kekal dan kuasa, bahwa di mana pun juga kami senantiasa bersyukur kepada-Mu. Sebab ketika Sabda-Mu menjadi manusia Engkau memancarkan di hadapan kami keagungan-Mu yang tak terperikan. Engkau, Allah yang tak kelihatan, kin dapat kami kenal dalam diri Putra-Mu, Juru Selamat kami. Kabut yang menyelimuti hati dan budi ditembus sinar surgawi. Maka terbukalah cakrawala baru sehingga kini kami dapat mendambakan kasih karunia dan penyelamatan-Mu yang tadinya tak terbayangkan. Dari sebab itu, kami mengumandangkan kidung kemuliaan bagi-Mu bersama para malaikat dan seluruh laskar surgawi yang tak henti-hentinya bernyanyi:

Lagu Kudus
Doa Syukur Agung
Bapa Kami/ Pater Noster (dinyanyikan)
Doa Damai

Imam : Tuhan Yesus Kristus, Engkaulah Raja damai yang datang ke dunia untuk membebaskan kami dari dosa dan menganu-gerahkan damai sejati bagi kami maka kami mohon, jangan memperhitungkan
dosa kami tetapi perhatikanlah iman Gereja-Mu dan restuilah kami supaya hidup bersatu dengan rukun sesuai dengan kehendak-Mu. Sebab Engkalah Pengantara kami kini dan sepanjang masa.
Umat : Amin

Lagu Anak Domba Allah
Persiapan Komuni

I. Inilah Yesus Kristus, Raja Penyelamat yang dijanjikan Allah, dan kini berada di tengah-tengah kita. Berbahagialah kita yang diundang ke perjamuan-Nya.
U. Ya Tuhan, saya tidak pantas Engkau datang pada saya, tetapi bersabdalah saja, maka saya akan sembuh.

Komuni

Doa Sesudah Komuni
Imam : Marilah Berdoa,
Allah Bapa kami, kami bersyukur telah dapat merayakan bersama kelahiran Penyelamat kami dengan gembira. Kami mohon, perkenankanlah kami mengikuti jejak Kristus agar bersama Dia kami dapat ikut serta dalam hidup ilahi-Nya. Sebab Dialah Tuhan dan pengantara kami yang hidup dan berkuasa sepanjang segala masa.
Umat : Amin

RITUS PENUTUP

Pengumuman
Berkat dan Pengutusan

Imam :
Saudara-saudari terkasih, Yesus Kristus telah lahir di tengah kita. Kegelapan hidup yang tidak menentu telah diusir-Nya, dan cahaya baru bersinar atas dunia dan atas hati kita. Dari sebab itu, marilah kita mengakhiri perayaan ini dengan mohon berkat Tuhan.
Imam : Tuhan bersamamu.
Umat : Dan bersama rohmu.
Imam : Semoga Allah Bapa meneguhkan keyakinan iman, yang malam ini ditumbuhkan-Nya dalam hati Saudara.
Umat : Amin.
Imam : Semoga Allah Putra yang datang di tengah kita, mendampingi Saudara dalam mewartakan kabar gembira keselamatan dalam hidup Saudara.
Umat : Amin.
Imam : Semoga Allah Roh Kudus memberi semangat untuk tekun mengikuti bimbingan Kristus dan mengu-sahakan damai bahagia bagi Saudara.
Umat : Amin.
Imam : Dan semoga Saudara sekalian, diberkati oleh Allah yang mahakuasa, (+)Bapa dan Putra dan Roh Kudus.
Umat : Amin.
Imam : Dengan ini Perayaan Kelahiran Tuhan Kita Yesus Kristus sudah selesai.
Umat : Syukur kepada Allah.
Imam : Marilah pergi! Kita diutus!
Umat : Amin.

Lagu Penutup

Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.
Tuhan memberkati.


Kategori:
Kalender Liturgi
Lagu Misa
Adven
Natal
Keluarga Kudus
Pembaptisan Tuhan
Rabu Abu
Prapaskah
Minggu Palma
Kamis Putih
Jumat Agung
Paskah
Kenaikan Tuhan
Pentakosta
Tritunggal Mahakudus
Kristus Raja
Krisma
Pernikahan 
Kematian
Teks Misa
Ibadat Sabda Lingkungan
Ibadat Syukur Katolik
Doa Umat
Doa Katolik
Doa Rosario
Doa Kerahiman
Renungan

 




Artikel Terbaru

Jangan lewatkan

Daftar Lagu Pentakosta Katolik dengan Teks PDF Download

Ibadat Lingkungan Katolik Terbaru 2022

Lagu Pentakosta Roh Tuhan Memenuhi Dunia

Teks Panduan Ibadat Katolik untuk Peringatan 40 Hari Kematian

Ibadat Sabda untuk Keluarga dan Lingkungan Umat Basis

Contoh Doa Umat Katolik Untuk Lingkungan

Teks Panduan Ibadat Syukur Wisuda Katolik

Terbaru! Doa Rosario Lengkap dengan Permohonan

Lirik dan Teks Lagu Misa Persembahan Hidup Kami

Lagu Misa Katolik; Referensi Terbaik Lagu-Lagu Misa