Panduan Perayaan Ekaristi Pemberkatan Gereja Paroki Santu Yakobus Rasul Sidongkomang Alor

teks misa pemberkatan gereja katolik
Panduan Misa Pemberkatan Gereja


Gereja paroki Santu Yakobus Rasul Bukapiting Alor, Keuskupan Agung Kupang direnovasi khusus bagian Panti Imamnya. Pekerjaan dimulai pada 1 Agustus 2019 dengan swadaya umat dan uluran kasih berbagai pihak. Pembangunannya telah berakhir dan akan diberkati pada hari Minggu, 27 Oktober 2019.
Gedung gereja ini dibangun atas prakarsa Uskup Agung Kupang; Mgr. Petrus Turang pada tahun 2005 setelah gereja yang lama ambruk oleh gempa bumi dahsyat yang melanda Bukapiting dan sekitarnya pada 12 November 2004.
Berikut panduan Misa pemberkatan gereja.

I. RITUS PEMBUKA 

Lihat juga :
Panduan Misa Hari Raya Penampakan Tuhan

Lihat juga :

Profil Paroki St. Yakobus Rasul  Bukapiting Alor

Lihat juga :

Mengenal, memahami dan menghayati Ekaristi

Lihat juga :

Ibadat Sabda Keluarga dan Lingkungan Umat Basis

1. Komentar Pembuka oleh Komentator

Ibu Bapak, Saudara/i yang terkasih dalam Tuhan..
Setelah kita semua bergelut dengan kegiatan pembangunan Panti Imam Gereja Paroki kita, hari ini kita bersyukur karena akhirnya dapat diberkati. Kita juga bersyukur karena atas perkenanan Tuhan semua proses pembangunan telah berjalan dengan baik. Melalui perayaan pemberkatan ini kita diajak untuk menyadari diri kita sebagai Gereja Umat Allah; batu-batu hidup yang membentuk bangunan rohani yaitu jemaat Allah yang bersekutu dan semakin kuat dalam iman, harapan dan kasih. Kita juga diajak untuk menjadikan bangunan gereja ini sebagai rumah iman, rumah doa, rumah persekutuan kita sebagai anak-anak Allah di paroki kita ini.
Marilah kita bersatu hati dalam perayaan syukur ini dengan berdiri dan menyanyikan lagu pembuka.

2. LAGU PEMBUKA
3. TANDA SALIB DAN SALAM
4. KATA PENGANTAR
5. PERNYATAAN TOBAT
6. LAGU TUHAN KASIHANILAH KAMI
7. MADAH KEMULIAAN
8. DOA PEMBUKA

Imam: MarilahBerdoa
Allah yang Mahakuasa dan kekal, dari batu-batu yang hidup dan terpilih, Engkau telah menyiapkan tempat tinggal yang kekal bagi keangunan-Mu. Lipat-gandakanlah di dalam Gereja-Mu anugerah Roh yang telah Engkau berikan agar umat yang setia kepada-Mu semakin bertambah. Tambahkanlah iman, harapan dan kasih kami. Ajarilah kami mencintai apa yang Engkau perintahkan agar layak menerima apa yang Engkau janjikan. Dengan perantaraan Yesus Kristus Putera-Mu, Tuhan kami yang bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah sepanjang segala masa.
Umat: Amin

II.LITURGI SABDA

1. BACAAN I (Sirakh 35:12-14.16-18)
2. MAZMUR TANGGAPAN
3. BACAAN II (2Tim 4:6-8.17-18.19.23
4. BAIT PENGANTAR INJIL
5. BACAAN INJIL (Lukas 18:9-14)
6. KOTBAH
7. RITUS PEMBERKATAN

Doa pemberkatan

Imam      : Tuhan Sertamu.
Umat       : Dan sertamu juga.
Imam      : Marilah berdoa.

Ya Allah Bapa, Pencipta langit dan bumi dan segala isinya. Engkau memerintahkan kepada Musa untuk mendirikan kemah bagi-Mu sebagai tanda kehadiran-Mu di antara umat Israel. Setelah Salomo mendirikan rumah bagi-Mu, Engkau menguduskannya agar menjadi tempat yang layak bagi umat-Mu untuk memuliakan nama-Mu. Engkau pun sudi tinggal di dalam diri kami dan menjadikanya bait-Mu. Yesus Putra-Mu telah mendirikan Gereja bagi kami atas kehendak-Mu dan Engkau sendirilah yang menguduskan dan memimpin Gereja kudus-Mu hingga hari ini dan sampai di tempat ini.

Karena kasih-Mu Engkau telah menyertai seluruh umat-Mu di paroki ini dalam perencanaan dan seluruh proses pembangunan panti imam gereja paroki. Karena kasih-Mu pula Engkau telah memberkati pekerjaan kami sehingga dapat berakhir dengan baik. Bangunan ini akan menaungi misteri Gereja kudus-Mu. Di tempat ini, kami akan bersujud menyembah Dikau, mendengarkan Sabda-Mu dan menerima sakramen-sakramen dengan pantas.

MAKA KAMI MOHON DENGAN RENDAH HATI, LIMPAHKANLAH BERKAT ILAHI-MU DAN BERKATILAH GEDUNG GEREJA INI (+) DAN SEGALA SARANA DIDALAMNYA YANG AKAN KAMI PERGUNAKAN UNTUK MEMUJI DAN MENYEMBAH DIKAU.

Ulurkanlah tangan-Mu yang kudus untuk menguduskannya. Berkenanlah tinggal di dalam rumah doa ini agar kami boleh merasakan kehadiran-Mu ketika kami memasukinya. Semoga di dalam gereja ini, rahmat ilahi-Mu menghapuskan dosa-dosa manusia, pujian sepantasnya dihunjukkan dan suara manusia tergabung dengan pujian para malaikat serta doa permohonan bagi keselamatan umat manusia senantiasa membumbung ke hadirat-Mu. Semoga di dalam gereja ini, kaum papa dan penderita menemukan belas kasih-Mu, kaum tertindas mendapatkan pembebasan yang sejati dan semua orang yang menyandang harkat-martabat keputraan Yesus, sampai saatnya dengan penuh kegembiraan memasuki Yerusalem surgawi.

Ya Allah kami, semoga dengan perayaan pemberkatan gereja ini kami umat-Mu yang akan menggunakannya senantiasa menyadari diri kami sebagai batu-batu hidup dalam bangunan rumah rohani yang senantiasa mengamalkan kasih dan kebaikan-Mu kepada semua orang.   Dengan bantuan-Mu yang hangat, sudilah menjadikan kami kenisah Roh Kudus yang memancarkan kecemerlangan hidup yang suci. Demi Kristus Tuhan dan Kepala Gereja yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dan Roh Kudus sepanjang segala masa.

Umat : Amin

(Dilanjutkan dengan perecikan air berkat, dapat dinyanyikan lagu yang sesuai)

8. AKU PERCAYA
9. DOA UMAT

Imam:
Pada perayaan pemberkatan Gereja kita ini marilah kita berdoa kepada Bapa kita di surga yang selalu mendengarkan seruan orang-orang yang hina-dina.

1. Bagi Gereja, umat yang diselamatkan oleh kasih Allah:

Ya Bapa, semoga Gereja tidak menolak atau menjauhkan diri dari  siapa pun juga karena sikap kami yang sombong.
Marilah kita mohon....

2. Bagi mereka yang berkecukupan dalam hal harta benda atau dalam hal bakat-bakat yang dianu-gerahkan Tuhan.

Ya Bapa, semoga mereka tidak meremehkan sesama yang kurang beruntung tetapi memakai kekayaan serta bakat-bakat mereka demi perkembangan serta pembangunan bangsa dan gereja-Mu.
Marilah kita mohon ….

3. Bagi orang-orang miskin dan mereka yang kehilangan hak di dunia ini:

Ya Bapa, semoga kami tekun berjuang dan berbela rasa membantu orang-orang miskin dan yang kehilangan hak di dunia ini, sebab di dalam mereka Engkau berkenan tinggal dan mewartakan kerajaan kasih-Mu.
Marilah kita mohon....

4. Bagi para donatur yang telah menyumbang untuk pembangunan panti imam:

Ya Bapa, semoga semua orang yang telah berbagi kasih untuk mendukung semua proses pembangunan panti imam gereja paroki kami, Engkau berkati dan lindungi dan mengganjari segala amal kebaikan mereka dengan berkat-Mu yang melimpah.
Marilah kita mohon....

5. Bagi paroki kita:

Ya Bapa, semoga dengan tuntunan-Mu, paroki kami boleh berkembang menjadi paroki yang hidup, dimana kami selalu saling memperhatikan dalam persekutuan dan cinta kasih. Peliharalah umat-Mu dalam hidup dan karya setiap hari. Kuatkanlah mereka yang sakit dan yang mengalami berbagai persoalan hidup. Bimbinglah agar kami semua boleh memberi diri dalam karya pewartaan, ibadah dan amal kasih.
Marilah kita mohon ....

6. Bagi kita semua yang berhimpun di sini:

Ya Bapa, semoga kami semua menyadari bahwa sebenarnya kami amat miskin di hadapan-Mu dan di hadapan saudara-saudari kami. Bantulah agar hati kami terbuka untuk memperbaharui diri dengan bertobat terus-menerus.
Marilah kita mohon ....

Imam: Tuhan Allah kami, kami harus mengakui bahwa kata-kata bagus tidak berarti jika tidak timbul dari hati yang jujur dan bersahaja. Bantulah kami agar perbuatan kami sesuai dengan perkataan kami dan hidup kami sesuai dengan doa kami, dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

Umat: Amin

III. LITURGI EKARISTI
 
1. LAGU PERSIAPAN PERSEMBAHAN
2. DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

Imam: Ya Allah, terimalah persembahan kami dan semoga Engkau berkenan menunjukkan belas kasih-Mu kepada kami yang berdosa ini. Perkenankanlah kami mengalami buah karya penebusan Putra-Mu yang kami kenangkan dalam perayaan pemberkatan gereja kami ini. Sebab Dialah Tuhan, pengantara kami.
Umat: Amin

3. PREFASI
4. LAGU KUDUS
5. DOA SYUKUR AGUNG
6. BAPA KAMI
7. DOA DAMAI
8. PEMECAHAN ROTI DAN PERSIAPAN KOMUNI
9. KOMUNI
10. LAGU KOMUNI
11. DOA SESUDAH KOMUNI

Imam: Marilah Berdoa,

Ya Allah, kami bersyukur atas kehadiran Putra-Mu yang menyediakan mahkota keselamatan bagi kami. Semoga  seluruh umat-Mu Kau pergunakan sebagai batu hidup dalam pembanguan rumah rohani sehingga layak untuk mempersembahkan persembahan rohani dan semoga kami bertekun untuk saling bekerja sama mewujudkan karya keselamatan-Mu itu terutama bagi sesama kami yang lemah, miskin dan menderita. Sebab Dialah Tuhan dan Pengantara kami. 

Umat: Amin

IV. RITUS PENUTUP

1. PENGUMUMAN
2. BERKAT DAN PENGUTUSAN

Imam      : Tuhan Sertamu.
Umat       : Dan sertamu juga.

Imam      : Semoga Allah Penguasa langit dan bumi, melimpahkan berkat surgawi atas saudara yang hari ini berkumpul untuk merayakan dedikasi gereja ini.
Umat       : Amin.

Imam      : Semoga Allah menjadikan saudara Bait Allah dan kediaman Roh Kudus yang ingin menghimpun semua orang menjadi satu dalam Kristus.
Umat       : Amin.

Imam      : Semoga saudara dikuduskan oleh kehadiran Allah sehingga bersama para kudus Saudara mewarisi kebahagiaan abadi.
Umat       : Amin.

Imam      : Semoga kita semua dilindungi, dibimbing dan diberkati oleh Allah Yang Maha Kuasa (+) Bapa dan Putera dan Roh Kudus.
Umat       : Amin.

Imam      : Misa telah selesai.
Umat       : Syukur kepada Allah.

Imam      : Marilah pergi kita diutus.
Umat       : Amin.

3.         LAGU PENUTUP

Artikel lainnya:
10 lagu Tuhan kasihanilah kami sesuai TPE Baru

Panduan Misa Pernikahan Katolik sesuai TPE Baru

Keluarga Katolik dan Ekaristi

Terima kasih telah berkunjung.
Tuhan memberkati



Artikel Terbaru

Jangan lewatkan

Kriteria, Tata Tertib dan Aspek Penilaian Lomba Baca Kitab Suci Katolik BKSN

Contoh Doa Umat Katolik Untuk Lingkungan

Ibadat Lingkungan Katolik Terbaru 2022

Teks Panduan Ibadat Syukur Wisuda Katolik

Teks Panduan Ibadat Katolik untuk Peringatan 40 Hari Kematian

Ibadat Sabda untuk Keluarga dan Lingkungan Umat Basis

Tata Cara Ibadat Sabda Lingkungan Dilengkapi Dengan Contoh Ibadat

Lirik dan Teks Lagu Misa Persembahan Hidup Kami

Lagu Misa Katolik; Referensi Terbaik Lagu-Lagu Misa

Ibadat Sabda Lingkungan Terbaru 2024