Spirit Boanerges; Menghidupi semangat Iman Santu Yakobus Rasul

Tanggal 10 Agustus 2008, Uskup Agung Kupang; Mgr. Petrus Turang meresmikan Stasi Sidongkomang menjadi kuasi paroki dan diberi nama St. Yakobus Rasul. Kuasi itu dipromulgasi menjadi paroki 2 tahun kemudian yakni pada 25 Desember 2010.

Baca juga:
Profil Paroki St. Yakobus Rasul Bukapiting-Alor

Santu Yakobus dan saudaranya Yohanes adalah anak-anak Zebedeus. Mereka bekerja sabagai nelayan di Danau Genezaret. Merekalah orang-orang pertama bersama Petrus dan Andreas yang dipanggil oleh Yesus menjadi Murid-Nya (Mat 4:21).

Yakobus besama Yohanes Saudaranya itu dikenal akan keteguhan iman mereka dan semangat yang selalu menggelegar bak halilintar dalam mengikuti Yesus. Karena itulah Yesus menggelari mereka Boanerges atau putra-putra halilintar (Mrk 3:17). Gereja merayakan pestanya setiap tanggal 25 Juli.

Penetapan Stasi Sidongkomang menjadi kuasi paroki terjadi 4 tahun setelah gempa bumi dahsyat (12/11/2004) yang meluluhlantakkan segala sesuatu di wilayah Bukapiting-Alor Timur Laut dan sekitarnya. Umat yang sempat kehilangan harapan mendapat peneguhan dari Uskup dalam kunjuangannya ke tenda-tenda pengungsian. Mereka bangkit menyatukan tekad dalam semangat iman untuk menatap ke depan. Sebulan setelah gempa itu, umat sudah mempunyai tempat ibadat sementara yang layak untuk perayaan Natal. Rumah ibadat sementara itu kini dipakai sebagai aula paroki.

Semangat iman, itulah kuncinya dan semangat iman itu tak lepas dari pengorbanan. Santu Yakobus menunjukkan pengorbanannya dengan meminum cawan penderitaan Kristus. Dia menjadi rasul yang memberitakan Injil sampai ke ujung bumi dan menjadi rasul pertama yang dipenggal lalu mati karena membela imannya.

Merayakan Hari Pelindung Paroki artinya menyelami keteladanan sang tokoh untuk menghayati dan mengamalkannya. 11 tahun sudah nama ini; Santu Yakobus Rasul, menghiasi tutur ucap umat paroki ini dan sudah sepantasnya semangat imannya pun selalu menggelegar dalam setiap segi kehidupan berparoki; Spirit Boarneges.

Tahun 2019 ini Pesta Pelindung Paroki ditandai dengan Turney Pastoral Kampung Leluhur; tempat di mana iman Katolik itu disemai dan tumbuh berkembang hingga saat ini. Perayaan Ekaristi 25 Juli nanti diintensikan khusus untuk kegiatan renovasi panti imam gereja pusat paroki.

Salve.

Artikel lainnya:
Misa di Kampung Leluhur; Menapaktilasi Perjalanan Iman Katolik Paroki Bukapiting

Dari Manasamang Turney Pastoral Kampung Leluhur Dimulai

Gereja Katolik Atengmelag; Buah Tekad Membaja

Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.

Tuhan memberkati.



Artikel Terbaru

Jangan lewatkan

Kriteria, Tata Tertib dan Aspek Penilaian Lomba Baca Kitab Suci Katolik BKSN

Contoh Doa Umat Katolik Untuk Lingkungan

Ibadat Lingkungan Katolik Terbaru 2022

Teks Panduan Ibadat Syukur Wisuda Katolik

Teks Panduan Ibadat Katolik untuk Peringatan 40 Hari Kematian

Ibadat Sabda untuk Keluarga dan Lingkungan Umat Basis

Tata Cara Ibadat Sabda Lingkungan Dilengkapi Dengan Contoh Ibadat

Lirik dan Teks Lagu Misa Persembahan Hidup Kami

Lagu Misa Katolik; Referensi Terbaik Lagu-Lagu Misa

Ibadat Sabda Lingkungan Terbaru 2024