Teks Lagu Komuni Katolik Ini Tubuhku

Teks lagu komuni Katolik berjudul “Ini Tubuh-Ku” disertai dengan penjelasan singkat tentang apa itu lagu komuni dan lagu post komuni juga beberapa link download teks lagu komuni Katolik lainnya yang dapat digunakan juga sebagai lagu komuni Adven, Natal, Paskah dan berbagai Misa tematik lain. Ada juga videonya di akhir dari artikel ini.

INI TUBUHKU

Lagu Misa, Lagu Komunio: Lagu yang dinyanyikan untuk mengiringi prosesi komuni atau penerimaan Tubuh Kristus
Lirik, aransemen : Kenny Aprilio
Lagu : Motif etnik Alor
Birama : 2/4
Nada Dasar : Do=D
Tempo yang disarankan : Sedang

Refren:
Ini Tubuhku, ini Darahku
Ambillah dan makanlah
Ambillah dan minumlah
Kamu akan hidup
Hidup untuk selama-lamanya

Soli:
Bait 1

Mari masuk dalam perjamuan kudus-Ku
Kusediakan Tubuh dan Darahku

Bait 2
Tubuhku adalah benar-benar makanan
Yang menyantapnya akan hidup kekal

Bait 3
Darahku adalah benar-benar minuman
Yang berdahaga akan dipuaskan

Bait 4
Aku Roti hidup yang turun dari surga
Mari semua, mari dan santaplah




Apa tujuan dari lagu komunio Katolik? 

Pedoman Umum Misale Romawi (PUMR) nomor 86 menguraikan tiga tujuan dari lagu Komunio Katolik sebagai berikut:
1. Lagu komuni bertujuan agar umat secara batin bersatu dalam komuni dan menyatakan persatuannya itu secara lahiriah dalam nyanyian bersama. 
2. Lagu komuni bertujuan untuk menunjukkan kegembiraan hati.
3. Lagu komuni bertujuan untuk menggarisbawahi corak “jemaat” dari perarakan komuni. 
Dengan mencermati ketiga tujuan ini dapat kita simpulkan bahwa nyayian komuni adalah pujian penghormatan kepada Yesus yang rela menjadikan Tubuh dan Darah-Nya menjadi santapan jiwa kita dan yang mempersatukan kita oleh karena itu kita pantas bergembira atas anugerah tak terhingga dari Tuhan kita Yesus Kristus dan senantiasa tekun dalam penghayatan iman kita menuju kepada keselamatan kekal. 

Lebih lanjut PUMR no. 86 menekankan bahwa lagu komuni harus bertemakan komuni/Tubuh dan Darah Kristus, tidak boleh menyanyikan lagu untuk orang kudus / Maria, Tanah Air, panggilan-pengutusan, atau yang lain.

Yang jadi pertanyaan, bagaimana dengan Misa tematik khusus seperti Adven, Natal dan Paskah. Bagaimana kita memilih lagu komuni yang sesuai dengannya. Jawabannya, nyanyikan saja lagu-lagu komuni yang ada tanpa harus menyesuaikan tematik Misanya, karena lagu komuni ya temanya komuni. Tetapi menurut kami, ini menurut kami ya, kita bisa memilih lagu yang tema dalam liriknya mengarah secara spesifik kepada pribadi Tuhan Yesus walaupun itu tidak bertema komuni. Contohnya, untuk masa Adven kita bisa menjadikan lagu “Fajar telah mulai menyingsing” sebagai lagu komuni karena yang dimaksudkan sebagai Fajar itu tentu Tuhan Yesus sendiri dan pada akhir dari bait lagu itu ada ungkapan, “sambutlah sang Emanuel”. Cara yang sama juga dapat dipakai dalam memilih lagu komuni untuk Natal dan Paskah.

Apa itu lagu post komuni? 

Selain mengenal istilah lagu komuni dalam musik liturgi Katolik, kita juga pasti pernah mendengar tentang istilaj lagu post komuni. Kata “post” artinya “sesudah”, jadi lagu pos komuni dapat diartikan sebagai lagu yang dinyanyikan setelah prosesi komuni selesai. Lagu post komuni ini dalam Tata Perayaan Ekaristi (TPE) disebut Nyanyian Madah Pujian sesudah Komuni. Nyanyian ini dimaksudkan sebagai ungkapan syukur atas santapan yang diterima yaitu Tubuh (dan Darah) Kristus sebagai keselamatan kekal bagi manusia (PUMR no. 88). Nyanyian ini tidak wajib ada kecuali kalau ada prosesi lain yang dibuat seperti pemberkatan anak-anak dan dapat diganti dengan saat hening.

Sebagai nyanyian syukur, lagu post komunio tidak harus bertemakan Tubuh dan Darah Kristus. Mengacu pada TPE yang memberikan daftar Mazmur dan kidung untuk didoakan pada bagian ini, kita dapat mengisinya dengan nyanyian yang mempunyai teme sejenis, atau sesuai tema Misa dan bacaan Kitab Suci pada Misa tersebut.

Berikut ini beberapa teks lagu pos komunio

Demikian artikel tentang teks lagu komunio Katolik, semoga bermanfaat.


Dapatkan juga berbagai teks Lagu Misa Katolik dalam bentuk file PDF, berbagai teks Ibadat Sabda Lingkungan, Ibadat Syukur Katolik, Ibadat Arwah Katolik, Panduan Doa Rosario yang dilengkapi dengan permohonan untuk lingkungan atau Kelompok Umat Basis dan berbagai doa Katolik lainnya juga berbagai teks Misa tematik seperti teks Misa Natal, Paskah, Pernikahan, Komuni Pertama, Krisma.

Semoga sajian-sajian di blog ini dapat bermanfaat dan sedikit membantu para pelayan liturgi di lingkungan-lingkungan atau siapa saja yang membutuhkan untuk memuliakan Tuhan dengan baik.

Materi lagu-lagu Misa dan Ibadat akan terus dilengkapi dan disempurnakan. Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa mampir kembali untuk melihat update terbaru dari blog ini.

Tuhan memberkati.

Nonton video Lagu Komunio “Ini Tubuh-Ku” ciptaan Kenny Aprilio



Artikel Terbaru

Jangan lewatkan

Kriteria, Tata Tertib dan Aspek Penilaian Lomba Baca Kitab Suci Katolik BKSN

Contoh Doa Umat Katolik Untuk Lingkungan

Ibadat Lingkungan Katolik Terbaru 2022

Teks Panduan Ibadat Syukur Wisuda Katolik

Teks Panduan Ibadat Katolik untuk Peringatan 40 Hari Kematian

Ibadat Sabda untuk Keluarga dan Lingkungan Umat Basis

Tata Cara Ibadat Sabda Lingkungan Dilengkapi Dengan Contoh Ibadat

Lirik dan Teks Lagu Misa Persembahan Hidup Kami

Lagu Misa Katolik; Referensi Terbaik Lagu-Lagu Misa

Ibadat Sabda Lingkungan Terbaru 2024