Kalender Liturgi Katolik Hari Minggu dan Hari Raya Tahun 2024

Kalender liturgi Katolik atau penanggalan liturgi katolik untuk hari Minggu dan Hari Raya tahun liturgi B/II Tahun 2024

Gereja Karolik mempunyai sistim penanggalan sendiri yang memuat kalender Hari Raya, Pesta dan Peringatan sepanjang satu Tahun Liturgi dengan namanya yang ditentukan berdasarkan pengkodean tersendiri. Pada tahun 2024 ini penanggalan liturgi Gereja Katolik menggunakan kode tahun "B" untuk hari Minggu dan hari raya dan kode tahun "2" untuk hari biasa atau disebut tahun B/2. Tahun liturgi B/2 ini berlangsung dari 3 Desember 2023 sampai dengan 30 November 2024. Mengapa tahun liturgi ini dimulai dari Bulan Desember dan berakhir pada Bulan November? Karena penanggalan liturgi Katolik dimulai dari Minggu Adven Pertama yang biasanya terjadi antara tanggal 27 November sampai 3 Desember. Memasuki bulan Desember tahun 2024 atau tepatnya tanggal 1 Desember pada Minggu Adven Pertama penanggalan liturgi akan beralih ke tahun C/1.

Liturgi Gereja Katolik memiliki hari raya, pesta atau peringatan yang tanggalnya tetap seperti Hari Raya Natal tetapi ada juga yang tanggalnye berubah. Berikut ini Beberapa perayaan dalam kalender liturgi tahun 2024.

Sementara untuk Hari Raya Kabar Sukacita yang perayaannya jatuh setiap tanggal 25 Maret, untuk tahun 2024 ini dipindahkan ke tanggal 8 April 2024 karena tanggal 25 Maret tahun ini Gereja berada di dalam Pekan Suci.

Secara lebih terperinci tentang penanggalan liturgi Hari Minggu dan Hari Raya, Pesta dan Peringatan dalam tahun 2024 dapat dilihat pada daftar di bawah. Daftar ini sudah dilengkapi dengan bacaan liturgi, Mazmur tanggapan dan saran lagu misa untuk masing-masing perayaan dari Buku Puji Syukur. Daftar ini disusun oleh web Lagu Misa.web.id berdasarkan kalender dari Konfrensi Waligereja Indonesia (KWI).

Sebenarnya Gereja Katolik mempunyai tradisi mengumumkan perayaan-perayaan liturgi yang tanggalnya berubah pada Misa Hari Raya Penampakan Tuhan setelah pembacaan Injil sebelum Imam menyampaikan homili. Tradisi ini disebut "Novetritis". Berikut adalah teks Noveritis dalam bahasa Indonesia untuk tahun 2024:


MAKLUMAT HARI RAYA PASKAH DAN PERAYAAN-PERAYAAN YANG TIDAK TETAP TANGGALNYA (TAHUN 2024)
Saudara-saudari terkasih, hendaknya kalian ketahui, bahwa setelah kita bersukacita pada Kelahiran Tuhan kita Yesus Kristus; dan karena belas kasih Allah, maka dengan sukacita, kami maklumkan Kebangkitan Penyelamat kita.



Artikel Terbaru

Jangan lewatkan

Kriteria, Tata Tertib dan Aspek Penilaian Lomba Baca Kitab Suci Katolik BKSN

Contoh Doa Umat Katolik Untuk Lingkungan

Ibadat Lingkungan Katolik Terbaru 2022

Teks Panduan Ibadat Syukur Wisuda Katolik

Teks Panduan Ibadat Katolik untuk Peringatan 40 Hari Kematian

Ibadat Sabda untuk Keluarga dan Lingkungan Umat Basis

Tata Cara Ibadat Sabda Lingkungan Dilengkapi Dengan Contoh Ibadat

Lirik dan Teks Lagu Misa Persembahan Hidup Kami

Lagu Misa Katolik; Referensi Terbaik Lagu-Lagu Misa

Ibadat Sabda Lingkungan Terbaru 2024